Apakah Jatah Gula Anda Melebih Batas?

Barangkali, Anda pernah mendengar sebuah ungkapan yang mengatakan, semua yang manis adalah racun, dan semua yang pahit adalah obat. Bisa jadi ungkapan itu benar. Sayangnya, seringkali ungkapan itu tak berlaku bagi pencinta makanan manis. Buat mereka, makanan manis adalah surga dunia. Cokelat, kue, cake , bahkan minuman manis pun sayang mereka lewatkan.

Namun, tahukah Anda berapa asupan gula yang sebaiknya kita dapatkan per hari? “Jatah gula dalam sehari hanya 50 gram atau setara dua sendok makan. Lebih dari itu, berarti kita kelebihan gula. Akibatnya, gula bisa menumpuk di dalam tubuh. Sedangkan garam (sodium) sebaiknya kurang dari 2,5 gram per hari,” tutur Tri Mutiara, pakar nutrisi dari Slim Gourmet.

Ia menyarankan, ketika membeli makanan dalam kemasan, periksa terlebih dulu kandungannya, termasuk kadar gulanya. Per sajian, menurutnya, sebaiknya tidak lebih dari 100 kalori. Untuk menu sarapan, sereal memang baik. Namun, sebaiknya pilih sereal yang kadar gulanya paling rendah. Baca Juga Suntik Botox Untuk Menurunkan Berat Badan.

Begitu pula ketika memilih kopi dalam kemasan sachet . “Rata-rata, satu sachet mengandung 15-30 gram gula. Kalau kita mengonsumsi dua sachet saja, berarti asupan gula kita sudah terpenuhi. Padahal, biasanya kita masih mengonsumsi makanan manis lainnya. Nah, jangan malas membanding-bandingkan kadar gula dari berbagai merek kopi. Carilah yang rendah kadar gulanya,” paparnya. Pakar Nutrisi.

Leave a Reply