Vitamin Penting Semasa Hamil Tua

Pada minggu ke-25 ini, usia bayi dalam perut Bunda semakin membutuhkan adanya tambahan asupan nutrisi agar bayi dalam rahim dapat tumbuh dan berkembang baik, terutama untuk pertumbuhan tulang dan otaknya.

Seperti yang dilansir, beberapa vitamin yang sangat Bunda butuhkan dalam trimester ketiga ini di antaranya:

1. Kalsium dan vitamin D.
Kedua nutrisi ini sangat berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi bayi yang kuat. Bunda wajib memenuhi kebutuhan minimal kalsium sebesar 1000 mg tiap harinya.

Sementara itu, kebutuhan minimal vitamin D adalah sekitar 4000 hingga 10.000 IU per hari, atau setara dengan 100 – 250 mcg/hari. Kebutuhan ini dapat Bunda peroleh dengan mengkonsumsi ikan salmon, sardines, susu, dan produk dairy milk lainnya.

2. Tiamin atau vitamin B1
Kebutuhan akan nutrisi ini dapat diperoleh dari makanan sejenis sereal, bubur dan atau gandum. Vitamin B1 berguna untuk pembentukan jaringan otot dan jantung, atau muscular dan cardiovascular system dalam nama medisnya. Saran para pakar nutris adalah sekitar 1.4 mg perhari.

3. Asam folat.
Disarankan kepada Bunda untuk memenuhi kebutuhan minimal asam folat sebanyak 600 mcg per hari melalui konsumsi sayuran seperti bayam dan asparagus. Nutrisi ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan pada pembuluh dan jaringan syaraf jabang bayi di rahim Bunda.

4. Vitamin C dan E
Vitamin C terdapat pada buah jeruk dan anggur serta vitamin E banyak terdapat dalam minyak zaitun. Kedua vitamin ini sangat berguna untuk mencegah timbulnya gangguan pre-eclampsia. Pakar Nutrisi.

Leave a Reply