Terkena Penyakit Influenza? Kenalilah penyebab virusnya

virus influenza

Penyakit Influenza

Penyakit influenza disebabkan oleh virus influenza atau yang disebut dengan nama lainnya virus RNA. Virus tersebut biasannya menyerang pada jenis hewan unggas dan mamalia dan bisa menular ke manusia. Mungkin kebanyakan orang beranggapan jika penyakit influenza merupakan penyakit biasa yang gejalanya hanya berupa bersin atau batuk. Padahal gejala yang demikian bukan influenza melainkan salesma yang sering menyerang pada manusia terutama di musim panca roba.

Gejala awal penyakit influenza memang hampir serupa dengan penyakit salesma namun keadaannya lebih parah. Penyakit influenza disertai dengan rasa mual bahkan muntah apalagi jika menyerang anak-anak yang umumnya memiliki daya tahan tubuh masih lemah. Tidak heran jika ada beberapa penderitanya terutama yang terkena virus ini dari hewan meregang nyawa karena tidak tahan dengan sakitnya. Oleh karena itu mengingat penularannya sangat cepat ada baiknya anda selalu melakukan antisipasi sebelumnya.

Untuk masyarakat yang memiliki hewan ternak jenis unggas atau mamalia biasanya akan mudah sekali tertular jika hewan yang ia pelihara positif mengidap flu. Penularannya bisa terjadi pada saat orang tersebut melakukan kontak langsung dengan hewan peliharaannya yang  ternyata memiliki penyakit tersebut. Untuk menghindari hal yang demikian anda harus rutin memeriksakan kondisi hewan ternak anda setiap bulannya untuk memastikan jika hewan peliharaan anda dalam keadaan sehat.

Pencegahan dari diri sendiri juga perlu dilakukan untuk menghindari virus influenza ini. Setiap selesai melakukan kontak langsung dengan hewan peliharaan anda segeralah mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun. Cara tersebut dapat mencegah penyebaran kuman yang bisa saja menempel di tangan yang ditularkan dari hewan tersebut. Dengan melakukan beberapa antisipasi di atas setidaknya anda dan keluarga dapat terhindar dari penyakit berbahaya ini sekalipun anda memiliki hewan peliharaan.

Leave a Reply