Peran Kelenjar Thymus pada Sistem Kekebalan Tubuh

Kelenjar Thymus

Kelenjar Thymus

Kelenjar Thymus merupakan kelenjar yang terletak di dada atas dan berfungsi untuk memproduksi Sel T. Kelenjar ini telah mengalami penelitian selama bertahun-tahun lamanya karena sangat berkaitan dengan sistem imun manusia. Seperti kita tahu, sistem imun melindungi tubuh dari infeksi atau serangan luar. Sistem imunlah yang membedakan mana “kawan” dan mana “lawan”, kemudian melawannya. Sel T atau T-limfosit yang disebutkan tadi merupakan salah satu kelompok sel darah putih yang memainkan peranan penting dalan sistem kekebalan tubuh manusia.

Sel T melewati kelenjar Thymus, kemudian dimodifikasi dan diproses hingga mampu melakukan banyak hal. Lalu, apa saja yang dapat dilakukan Sel T? Sel T adalah sel yang melawan serta membunuh “lawan” atau benda asing yang berbahaya untuk tubuh, membantu sel-sel yang memproduksi antibodi mengidentifikasi dan mengenali target, serta meningkatkan fungsi kekebalan. Begitu banyak manfaat Thymus dan Sel T untuk menjaga tubuh kita dari serangan penyakit seperti kanker, malaria, dan lain sebagainya.

Tapi sayangnya, Thymus mencapai ukuran terbesarnya pada saat manusia memasuki masa puber atau kematangan seksual, yakni pada usia 14 tahun. Setelah itu, Thymus mengalami penurunan fungsi. Jauh lebih awal dibandingkan dengan organ lain yang masih terus tumbuh dan berkembang. Oleh sebab itu, penurunan fungsi Thymus disebut-sebut menjadi salah satu faktor dari penurunan sistem kekebalan tubuh manusia dan timbulnya berbagai penyakit pada manusia di usia lanjut.

Leave a Reply