Makanan Bayi yang Perlu Dihindari!

Bayi memang membutuhkan asupan makanan yang sehat sekaligus bergizi lengkap, tidak heran banyak ibu yang mencoba banyak jenis bahan makanan bayi. Guna mendapatkan makanan yang tepat tidak hanya dari aknsungan yang dimiliki namun juga aman untuk bayi. Beberapa bayi menunjukkan reaksi alergi pada bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga penting bagi ibu mengenalkan makanan pendamping ASI satu per satu untuk mengetahui makanan apa saja yang bisa diberikan.

Banyaknya jenis bahan makanan yang ada di sekitar kita ada banyak pula jenis bahan makanan yang tidak baik untuk diberikan kepada bayi. Makanan untuk bayi sebaiknya menghindari bahan makanan seperti:

  1. Ikan besar dari laut, seperti ikan tongkol, hiu, pari, dll yang tinggi kandungan merkuri yang menghambat pertumbuhan bayi.
  2. Susu sapi yang mengandung zat besi yang tidak dapat dicerna sempurna oleh bayi sehingga menyebabkan kekurangan zat besi berakibat sakit perut dan gangguan ginjal.
  3. Madu tidak baik diberikan kepada bayi sebab mengandung bakteri Clostridium Botulinum yang mengganggu sistem pencernaan.

Selain kandungan zat berbahaya anda sebaiknya menghindari makanan yang dibelah besar-besar agar bayi tidak tersedak. Sehingga banyak dokter anak yang menyarankan pemberian makan pada bayi sebaiknya dengan bahan yang dihaluskan atau digiling. Selain aman untuk pencernaannya yang amsih sensitif juga mencegah tersedak yang bisa mengganggu saluran pernafasan bayi. Siapkan makanan bayi yang sehat dengan bahan makanan yang terjamin aman!

Leave a Reply