Cegah Anak Pemilih Makanan

Susah makan atau selalu menolak makanan yang bukan kesukaannya sering terjadi pada balita. Memberi makan balita sebenarnya sederhana, sebelum ia belajar akan kemandirian dan mengerti makanan favorit. Untuk itu orangtua perlu menyiasati agar si kecil tak berubah menjadi “monster” di waktu makan.

Berikut tips yang bisa dipraktikkan orangtua untuk mencegah anak menjadi pemilih makanan:

Kenalkan sejak awal

Beberapa ahli mengatakan, janin dalam kandungan sudah bisa merasakan apa yang dimakan ibunya. Jadi, sejak hamil sebaiknya Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat. Teruskan kebiasaan mengonsumsi berbagai jenis makanan di masa menyusui sehingga bayi mulai mengenal rasa makanan lewat ASI.

Hanya makan yang ada di rumah

Hanya sajikan makanan sehat di rumah dan jangan buat perbedaan menu antara anak dengan orangtua. Lupakan kebiasaan menyimpan berbagai kudapan tidak sehat di kulkas Anda.

Makan bersama

Anak-anak selalu mencontoh orangtuanya. Karena itu melihat Anda selalu makan makanan sehat akan mendorong mereka melakukan hal serupa. Hindari membuat perbedaan antara “makanan anak” dengan makanan “orangtua”.

Sembunyikan makanan bernutrisi

Pastikan setiap jenis panganan yang disantap anak bernutrisi. Siasati dengan menyembunyikan bahan pangan sehat dalam berbagai makanan favoritnya. Misalnya jika si kecil hobi menyantap kentang goreng, buatlah sayuran potong berlapis tepung yang digoreng.

Mulai dengan aturan “satu gigit”

Sajikan dalam porsi kecil untuk satu jenis makanan sehingga anak lebih tergugah makan. Setelah ia menghabiskan, ia boleh memilih makanan lain yang ingin dimakannya.  Ceritakan pada anak betapa lezatnya makanan yang sudah Anda buat dan pastikan Anda juga menyantap dan menikmatinya.

Jangan tunggu lapar

Menunggu anak sampai lapar bisa membuat cemas orangtua karena ada anak-anak yang tampak tak pernah lapar meski seharian baru makan sepotong roti. Tawarkan makanan pada anak di waktu makan. Jika anak selalu menolak, jangan langsung menyerah dan membuatkannya susu. Pakar Nutrisi.

Leave a Reply