Kumpulan Resep Kue Kering Renyah

Agar kue kering yang anda produksi lebih renyah dan tahan lama, ada resep khusus yang harus diperhatikan. Kadang resep kita sudah menggunakan bahan yang berkualitas, tapi ternyata hasilnya jelek. Perlu anda ketahui bahwa mendapatkan kue kering yang renyah dan mengembang diperlukan proses yang benar disamping bahan yang bagus. Anda juga harus ingat bahwa tidak selalu bahan yang mahal itu lebih cocok untuk membuat kue kering. Kumpulan resep kue kering kali ini akan memberikan tips agar kue kering anda renyah dan awet.

Pemilihan Bahan

Bahan yang digunakan untuk kue kering harus sesuai dengan kebutuhan, misalnya tepung terigu berprotein rendah. Tepung ini akan membuat kue anda menjadi lebih renyah. Harga tepung terigu protein rendah lebih murah ketimbang yang berprotein tinggi, tapi hasilnya lebih bagus untuk kue kering. Mengapa? Tepung terigu protein tinggi punya banyak serat gluten yang sulit dihancurkan sehingga kue menjadi alot.

Bahan lain yang juga harus diperhatikan adalah margarin. Setiap kue kering pasti menggunakan margarin. Pilih margarin yang bergizi, mudah dicairkan, dan tidak terlalu padat seperti blue band. Jangan pilih margarin yang terlalu lembek karena kandungan lemak jenuhnya terlalu tinggi. Cara membuat kue kering yang baik juga bergantung dari margarinnya.

Proses Pembuatan

Selain bahan, proses pembuatan kue kering juga berpengaruh besar terhadap hasilnya. Hal pertama yang harus disoroti adalah saat memasukkan tepung terigu. Sebaiknya tepung terigu dimasukkan sambil ditabur dengan tangan sedikit demi sedikit agar tidak mengempal dalam adonan. Kecilkan mixer saat memasukkan tepung terigu agar tidak berubah menjadi gluten dan kenyal. Kalau perlu, matikan saja mixernya dan aduk dengan spatula. Kumpulan resep kue kering ini akan menghasilkan roti yang renyah.

Rahasia lain yang harus anda ketahui adalah mendinginkan mentega atau margarin sebelum dicampurkan ke dalam adonan. Tujuannya agar margarin tidak mencair selama proses pengocokan yang membuat adonan menjadi lunak. Tapi juga tidak perlu sampai membuatnya beku. Nah, cara membuat kue kering yang benar tidak hanya menghasilkan kue renyah tapi juga tahan lama.

Leave a Reply