Fakta yang Harus Diketahui Tentang Kanker Tulang

Penyakit yang berhubungan dengan tulang biasanya identik dengan pengeroposan tulang atau yang dikenal dengan sebutan osteoporosis. Padahal, ternyata penyakit yang bisa menjangkiti tulang bukan hanya osteoporosis saja.

Tahukah Anda kalau ternyata tulang juga bisa terkena penyakit kanker?

Mengapa Tulang Bisa Terkena Kanker?

Kanker tulang bisa didefinisikan sebagai kondisi tumor tulang yang mengganas dan kemudian dapat menghancurkan jaringan tulang yang normal. Tidak semua tumor yang menjangkiti tulang adalah tumor ganas. Tumor tulang yang jinak umumnya tidak menghancurkan jaringan tulang yang normal dan tidak berisiko menyebabkan kematian.

Tumor ganas yang menjelma menjadi kanker tulang biasanya bisa terjadi karena penyebaran yang berasal dari jaringan lain seperti payudara, prostat atau paru-paru. Sehingga, kondisi jenis-jenis penyakit kanker pada organ tubuh tertentu kian meningkatkan risiko penyakit kanker tulang.

Kenali Gejala Penyakit Kanker Tulang Sedini Mungkin

Rasa sakit pada daerah di sekitar kanker tulang adalah hal pertama yang akan dirasakan oleh penderita kanker tulang. Rasa sakit tersebut biasanya akan makin parah karena disertai oleh pembengkakan dan nyeri yang hebat saat menggerakkan anggota tubuh.

Gejala penyakit kanker tulang lainnya juga ditandai dengan pincang, merasa lemas, nyeri dan rasa kaku pada sendi. Gejala lain yang juga mungkin dialami yaitu berupa demam, penurunan berat badan dan anemia karena jumlah sel darah merah dalam tubuh semakin berkurang.

Mendeteksi dan Mengatasi Kanker Tulang

Seseorang bisa didiagnosa mengidap kanker tulang jika sudah menjalani serangkaian cek up kesehatan seperti scan tulang, CT scan, MRI, PET Scan serta biopsi untuk mengambil contoh jaringan yang diduga terkena kanker.

Untuk mengatasi penyakit kanker tulang, alternatif pengobatan yang bisa dilakukan selain bedah adalah kemoterapi, terapi radiasi serta cryosurgery atau penggunaan nitrogen cair untuk membekukan dan membunuh sel kanker.

Untuk menghindari salah satu jenis penyakit kronis ini, memahami gejala dan melakukan cek up kesehatan secara reguler sejak dini perlu Anda lakukan. Selain itu, memulai hidup sehat, dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, dapat menghindari Anda dan keluarga dari berbagai jenis penyakit lain yang mungkin mengintai.

Sources:
● cancer.gov/types/bone/bone-fact-sheet
● cancer.net/cancer-types/bone-cancer/symptoms-and-signs
● cancer.org/cancer/bonecancer/detailedguide/bone-cancer-signs-symptoms

Leave a Reply