Cara Ampuh Mengatasi Penyebab Alergi Kulit

Penyebab alergi kulit secara garis besar dibagi menjadi 3 macam yaitu obat, makanan dan kosmetik. Ketiganya sering menjadi pemicu terjadinya kemerahan pada kulit dan ruam-ruam. Selain itu,  perhiasan yang digunakan juga bisa menyebabkan terjadinya alergi pada kulit. Seringkali ditemukan kulit yang berwarna kemerahan yang tertutupi oleh perhiasan. Biasanya perhiasan yang dapat menyebabkan alergi adalah yang mengandung nikel. Beberapa campuran pada perhiasan dapat memicu terjadinya ruam pada kulit.

Sedangkan makanan yang berpotensi menjadi penyebab alergi kulit adalah seafood dan telur. Seafood dapat menyebabkan alergi karena memang penderita sensitif terhadap makanan seafood atau ada semacam zat pada seafood yang memicu terjadinya alergi kulit. Demikian pula pada telur. Ada orang yang memang tidak tahan mengkonsumsi telur atau ada kandungan dalam telur yang menyebabkan alergi pada kulit.

Kosmetik yang bisa menyebabkan alergi antara lain shampo dan bedak. Shampo mengandung bahan pengawet yang berguna membuat kandungan yang ada di dalamnya bisa bertahan lama serta nutrisinya tidak mudah rusak. Selain pengawet, kandungan logam pada pewarna rambut juga menyebabkan alergi. Logam cobalt chloride akan membuat kulit kepala semakin mudah teriritasi.  Kosmetik semacam bedak yang banyak mengandung merkuri juga bisa menyebabkan kulit iritasi dan kemerahan. Sebelum memakai kosmetik, teliti kandungan yang ada di dalamnya.

Antibiotik. Tidak semua obat menyembuhkan bahkan beberapa bisa menyebabkan munculnya penyakit baru. Salah satunya adalah alergi. Obat antibiotik misalnya yang biasa digunakan untuk mencegah berkembangnya bakteri, justru akan menimbulkan alergi kulit yang parah. Jadi, untuk jenis kulit yang sensitif, hindari pemakaina antibiotik topikal.

Untuk mengatasinya, kenali hal-hal yang bisa menyebabkan alergi dan sebisa mungkin hindari penggunaan zat atau konsumsi makanan penyebab alergi. Misalkan alergi pada antibiotik penissilin, maka hindari menggunakan obat yang berbahan dasar penisillin. Kemudian, banyaklah mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas supaya badan lebih kebal terhadap alergi dan tidak mudah sensitif. Makanan yang mengandung magnesium seperti kacang-kacangan bisa membantu. Satu cara yang pasti bisa menghindarkan alergi adalah menjaga pola hidup bersih dan menggunakan sabun antibakteri seperti Lifebuoy.

Leave a Reply