Mengenal Langkah Pencegahan Penyakit Diare Anak Dan Dewasa

Diare merupakan penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat Indonesia. Diare adalah penyakit yang ditandai encernya tinja atau feses dengan intensitas yang lebih sering dari biasanya. Penyakit ini diakibatkan salah satunya karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi atau makanan yang tidak terjaga kebersihannya karena debu yang membawa bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada usus. Penyakit ini biasanya menyerang berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. diare anak harus segera mendapatkan penanganan agar tidak mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi yang menyebabkan keadaan semakin fatal.

Jika anda atau buah hati terkena diare, maka sebagai langkah pengobatan pertama anda bisa memberikan oralit yang berguna menggantikan cairan tubuh yang banyak keluar sehingga menyebabkan tubuh menjadi tidak bertenaga. Namun sebagian besar penderita diare akan sembuh dalam beberapa hari tanpa diberikan penanganan. Orang dewasa biasanya sembuh dari penyakit diare setelah 2 sampai 4 hari dan pada anak-anak biasanya sembuh dalam waktu lebih lama yaitu lima sampai tujuh hari. Saat anda mengalami keadaan lebih parah dan dan sakit berlanjut atau mengarah pada tanda-tanda kekurangan cairan maka anda harus segera berangkat ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Diare anak yang terjadi sebanyak enam kali atau lebih dalam waktu 24 jam maka sebaiknya langsung dikonsultasikan pada pihak dokter.

Diare merupakan salah satu penyakit menular, jadi ketika ada anggota keluarga yang terkena penyakit ini, besar kemungkinan akan menyebar pada anggota keluarga yang lain jika tidak diberikan penanganan lebih lanjut.  Adapun langkah-langkah pencegahan yang dapat anda lakukan untuk menghindari kontaminasi dari penderita seperti rajin mencuci tangan pakai sabun sebelum makan, jauhi makanan yang tidak jelas kebersihannya dan hindari minuman mentah dari kran, pisahkan makanan mentah dari makanan yang sudah matang, konsumsi makanan yang telah dimasak dari bahan-bahan yang segar, dan simpan makanan di kulkas dan jangan biarkan makanan terkena paparan sinar matahari langsung.

Itulah sekilas pembahasan mengenai penyakit diare, semoga bermanfaat.

Artikel terkait: http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/waspada-inilah-penyebab-diare-pada-anak-anak

 

 

 

 

 

Leave a Reply