Kapan dan Bagaimana Cara Cuci Tangan yang Benar?

Mencuci tangan merupakan salah satu cara yang begitu mudah serta efektif sebagai pencegah penyebaran infeksi. Sekarang tahukah Anda apabila Anda sendiri dapat menjadi sebuah media untuk menyebarkan kuman? Anda bisa menjadi media penyebar kuman ini lawan kontak fisik yang Anda lakukan dengan orang lain selain itu bisa juga dari sebuah objek yang telah terkontaminasi. Oleh sebab itu, Anda harus mulai belajar cara cuci tangan yang benar.

Lantas kapan saja kita harus menerapkan langkah cara mencuci tangan ini? berikut berbagai kegiatannya, antara lain:

  1. Sebelum serta sesudah makan, hingga memasak makanan,
  2. Setelah Anda selesai menggunakan kamar kecil, sekaligus setelah Anda selesai untuk mengganti popok si kecil,
  3. Saat Anda pulang ke rumah sehabis melakukan perjalanan, entah jauh ataupun dekat,
  4. Setelah mengeluarkan ingus atau bersih ke arah tangan,
  5. Setelah menyentuh daging mentah,
  6. Setelah membersihkan kotoran seperti sampah ataupun debu,
  7. Setelah mengunjungi pasien yang sakit,
  8. Setelah menyentuh binatang yang terlihat kotor.

Dengan pencucian tangan yang benar ini Anda dapat mengurangi penyebaran penyakit seperti diare, influenza, tifoid hingga radang selaput bening mata. Terlebih jika Anda bertemu dengan orang yang sakit atau bertugas untuk menyiapkan makanan, kebersihan tangan Anda harus di jaga dengan baik. Mungkin anak Anda pun juga senang sekali bermain di lapangan yang luas, bermain dengan binatang, hingga merangkak bermain di lantai atau karpet. Kegiatan ini begitu sering dilakukan oleh anak-anak.

Biarkan anak Anda untuk bergerak dengan cara yang aktif untuk berkreasi dengan segala aktivitas mereka, namun jangan lupakan untuk mengajari cara cuci tangan. Anda harus mengetahui dimana sebenarnya kuman berasal, kuman bisa menyebar dengan jalan sentuhan menggunakan tangan yang kotor hingga makanan dari air yang sudah terkontaminasi, oleh sebab itu biasakan untuk mencuci tangan. Agar kegiatan pencucian tangan bisa dilakukan dengan maksimal, Anda bisa menggunakan sabun anti bakteri seperti Lifebuoy. Hanya Lifebuoy lah yang ampuh untuk mengusir kuman yang berlebih.

URL Terkait: http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/kemeriahan-cuci-tangan-pakai-sabun-dengan-serentak

Leave a Reply