Ketahui Beberapa Hal Penting Penyebab Alergi Kulit Pada Anak

Sebagai orang tua yang baik, tentunya kita menyayangi anak dengan penuh perhatian. Melihat keceriaan mereka rasanya tidak dapat terukur nilai bahagia yang kita rasakan. Namun terkadang kita juga sedih jika si kecil terserang penyakit yang menyebabkan tubuhnya sakit. Begitu pun dengan apa yang mengganggu kesehatannya kulitnya seperti alergi yang merupakan suatu gangguan yang biasa menyerang anak-anak. Kulit anak yang masih sensitif tentunya akan mudah diserang oleh bakteri, apalagi kebiasaan mereka yang selalu aktif dalam masa pertumbuhannya sehingga sulit untuk mencegah penyakit menyerang kesehatannya. Ada beberapa penyebab alergi kulit pada anak,namun diantaranya ada yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan, pernafasan, atau melalui suntikan. Serta ada juga yang disebabkan oleh goresan atau kontak langsung dari berbagai benda yang kotor atau banyak terdapat bahan kimia.

Penyebab alergi kulit pada anak lebih banyak berasal dari makanan dan minuman. Hal ini dikarenakan anak belum memiliki naluri untuk membedakan makanan yang baik dan tidak. Selain itu, anak juga memiliki sifat ingin tahu, sehingga semua hal yang menurutnya menarik selalu ingin mencoba. Kebanyakan makanan yang membuat alergi pada kulit adalah makanan sea food atau makanan laut seperti lele, cumi-cumi, ataupun udang. Terutama udang merupakan makanan yang banyak meyebabkan alergi pada kulit yang berdampak rasa gatal yang membuat kulit menjadi merah.

Selain makanan, beberapa hal lainnya seperti serbuk tanaman, bulu binatang, serta debu juga dapat membuat kulit anak menjadi alergi. Ada juga yang disebabkan oleh kontak langsung dengan kulit seperti penggunaan kosmetik yang tidak cocok, pemakaian aksesoris logam atau karet seperti pada jam tangan ataupun gelang, atau bahan baju yang tidak sesuai. Namun untuk memvonis bahwa anak terserang alergi kulit dari sebab yang tak pasti, maka caranya adalah meneliti di lab ataupun memperhatikan beberapa makanan atau minuman yang membuat reaksi alergi muncul. Atau juga barang yang ia kenakan serta kegaitan bermain mereka yang justru mengundang kehadiran alergi pada kulit sensitifnya.

 

Leave a Reply