Mengetahui Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit yang mematikan. Penyakit ini bisa menimbulkan beberapa penyakit komplikasi lainnya seperti kebutaan, jantung dan lain-lain. Penyakit diabetes juga terdiri dari berbagai macam nama dan jenisnya. Faktor keturunan atau genetik bisa menjadi salah satu penyebab diabetes ini timbul pada seseorang. Jika orang tua mempunyai penyakit diabetes, maka ada kemungkinan salah satu dari anaknya juga ada yang menderita penyakit diabetes mellitus ini. Nah selain dari faktor keturunan, ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan penyakit diabetes mellitus ini. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit diabetes mellitus.

1. Kebiasaan Ngemil

kebiasaan ngemil lebih banyak dilakukan oleh para wanita. Namun hal ini juga dimungkinkan dilakukan oleh laki-laki. Kebiasaan ngemil ini sangatlah buruk bagi kesehatan. Dengan ngemil yang berlebihan, seseorang bisa mengalami penumpukan lemak jenuh, dan juga kadar gula dalam darah yang tinggi. Gula dalam darah yang tinggi ini bisa mengakibatkan penyakit diabetes mellitus berkembang dengan cepat. Kebanyakan cemilan yang anda konsumsi biasanya terbuat dari bahan tepung, gula ataupun bahan lainnya yang mempunyai kandungan gula yang tinggi. Jika anda suka ngemil, usahakan diimbangi dengan mengkonsumsi buah segar agar gula dalam darah anda bisa normal kembali.

2. Suka Begadang

Kebiasaan buruk yang satu ini sangatlah mempengaruhi pada kesehatan anda. Dengan begadang biasanya seseorang akan mengalami kelelahan karena kurangnya istirahat pada malam hari. Kurangnya tidur ini dapat mengakibatkan menurunnya metabolisme dalam tubuh sehingga akan menurunkan kemampuan tubuh dalam memproses gula dalam darah. Hal tersebut akan membuat gula dalam darah meningkat. Selain itu, jam tidur yang kurang juga dapat mengakibatkan meningkatnya hormon yang dapat meningkatkan rasa lapar sehingga jika anda terus makan maka glukosa darah juga meningkat. Hal ini lah yang menyebabkan timbulnya diabetes. Maka jika anda ingin sehat, tidurlah sehari 6-8 jam.

3. Kurang Berolahraga

Ketika seseorang kurang beraktifitas, maka pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh juga tidak akan efektif, hal ini akan membuat seseorang menjadi obesitas. Bila obesitas, darah glukosa darah akan meningkat dan menyebabkan diabetes. Berolahraga dengan teratur akan membuat glukosa darah dalam tubuh menjadi normal kembali. Menghindari penyebab diabetes ini akan menjauhkan anda dari penyakit berbahaya tersebut.

Leave a Reply