Waspadai Gejala Penyakit Leukimia, Karena Bisa Saja Menyerang Anak-anak!

Bagi Anda yang memiliki anak usia balita, memang harus lebih peduli dalam mengenali gejala penyakit leukimia. Tidak seperti penyakit kanker lainnya yang sering menimpa orang dewasa, leukimia atau yang biasa disebut kanker darah ini lebih sering menyerang anak kecil. Adapun kemungkinan kesembuhannya lebih besar dibandingkan dengan penyakit kanker yang lain. Namun, biasanya dalam waktu 5 tahun setelah pasien dinyatakan sembuh, bisa saja penyakitnya kambuh.

Bagi Anda yang masih belum benar-benar mengerti apa itu penyakit leukimia, ini penjelasan yang bisa mempermudah pemahaman Anda :

  1. Setiap organ maupun bagian tubuh manusia ini tersusun atas sel-sel hidup,
  2. Begitu juga dengan darah yang ada di tubuh, semuanya tersusun atas sel,
  3. Sel ini sendiri isinya adalah gugusan protein (DNA) yang tersusun dengan urutan tertentu,
  4. Khusus untuk leukimia, DNA selnya mengalami anomali dalam hal urutan,
  5. Lama kelamaan sel yang memiliki DNA abnormal atau disebut blast ini selalu menduplikasi dan terus tumbuh.
  6. Akhirnya jumlah sel darah putih yang abnormal jumlahnya lebih banyak dari yang normal. Padahal jika sel darah putih normal berfungsi untuk meningkatkan stamina tubuh karena bersifat membunuh kuman.

Dimana sel darah putih abnormal ini biasanya berada di sumsum tulang belakang, yang akhirnya juga akan menganggu produksi sel darah merah dan trombosit dalam tubuh. Pada saat inilah penyakit leukimia mulai menunjukkan bahayanya, dimana Anda harus mulai mengenali gejala leukimia itu sendiri. Diantaranya yaitu :

  • Tubuh mengalami pendarahan seperti mimisan, pendarahan gusi, telinga dan bahkan tak jarang hanya berupa bintik merah.
  • Anak mengalami kejang, demam dan sering terlihat pucat.
  • Gusi membengkak, tulang nyeri dan perut semakin lama semakin besar.

Khusus untuk bintik merah, terkadang orang tua susah membedakan mana yang demam berdarah mana yang leukimia. Adapun perbedaannya dari bisa dilihat dari lama pengobatan. Untuk demam berdarah biasanya dalam kurun waktu satu pekan, pengobatan telah membuahkan hasil. Namun jika bintik merah ini menjadi gejala penyakit leukimia maka waktu satu pekan tidaklah menghilangkan bintik. Lama pengobatan leukimia sendiri biasanya 1 – 2 tahun, dengan fase dorman kurang lebih 5 tahun.

Leave a Reply