Tips Pemulihan Penderita Anemia

Memiliki sebuah penyakit memang merupakan hal yang tidak diinginkan oleh siapapun. Akan tetapi, jika takdir sudah mengatakan bahwa kita harus terkena sebuah penyakit, maka yang harus kita lakukan adalah tetap tabah seraya berusaha mengobati dan berdoa untuk kesembuhan kita. Salah satu contoh penyakit yang cukup membuat kita sulit beraktifitas adalah anemia. Penyebab penyakit anemia adalah karena kekurangan sel darah merah. Saat seseorang terkena anemia, ia akan sulit untuk beraktifitas karena tubuh akan merasa lemas, wajah pucat, dan tubuh akan mudah sekali merasa capek dan bila terus dibiarkan akan mengakibatkan serangan pada jantung hingga sampai ke kematian.

Selain itu, seseorang yang terkena penyakit anemia juga akan merasa kehilangan konsentrasi. Apalagi jika keadaan diperparah dengan rasa pusing yang sangat hebat. Tentu saja hal ini bisa mengganggu aktifitas harian. Saat anda terkena penyakit anemia, maka langlah utama anda adalah dengan pergi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Kemudian, istirahatlah yang cukup dan rutinlah minum obat yang dianjurkan oleh dokter. Selain hal – hal tersebut, anda juga dapat melakukajn beberapa hal agar kondisi anda cepat membaik dan pulih seperti sedia kala.

Beberapa tips ini akan berguna bagi anda untuk memulihkan diri dari penyakit anemia, diantaranya:

Istirahat yang cukup

Istirahat adalah faktor yang utama untuk segera pulih dari kondisi anemia. Jangan melakukan pekerjaan yang terlampau berat. Jika anda bekerja, mintalah izin pada atasan untuk istirahat.

Minum Obat Sesuai Anjuran Dokter

Jangan lalaikan obat yang dianjurkan dokter meskipun kondisi sudah mulai membaik. Jangan hanya karena anda sudah merasa tidak lemas lagi maka anda menyimpulkan sudah sembuh. Tentu saja kita tidak tahu kondisi kita secara detail. Jadi, minumlah obat hingga tuntas dan habis.

Konsumsi Vitamin

Salah satu penyebab penyakit anemia adalah kekurangan zat besi atau vitamin B. Oleh karena itu, Untuk membantu pemulihan tubuh lebih cepat, selain obat dan istirahat yang cukup, anda pun harus menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti sayuran hijau, daging merah, dan lain sebagainya. anda juga harus banyak mengkonsumsi air putih dan berfikirlah positif serta optimis jika anda akan segera sembuh dari penyakit tersebut.

Leave a Reply