Cara Cuci Tangan yang Salah dan Sering Dilakukan

 

Cara cuci tangan, tentunya banyak diantara Anda yang sudah sangat mengenal bahwa tangan adalah vektor penyebaran penyakit. Bayangkan saja seberapa banyak orang yang kamu sentuh dengan tangan, belum lagi benda-benda yang ada di sekitar Anda. Namun adakah yang menjamin bahwa semuanya benar-benar bersih. meskipun setelah melakukan sentuhan tangan kamu tetap terlihat bersih tetapi juga harus diketahui bahwa mata tak bisa melihat secara menyeluruh. Secara mikroskopis bisa jadi banyak kuman menempel di dalamnya.

Untuk itu wajib bagi kamu menerapkan langkah-langkah mencuci tangan yang benar, tak hanya menggunakan air, melainkan juga harus ada sabun sebagai pembersih secara menyeluruh. Meskipun termasuk sebagai kegiatan yang sederhana nyatanya banyak diantara masyarakat yang salah dalam menerapkan kegiatan tersebut, kenali beberapa kesehatan yang umum dilakukan saat mencuci tangan, yaitu:

  1. Terburu-buru dengan waktu, tak memungkiri karena banyak pekerjaan terkadang aktivitas ini diburu dengan waktu sehingga hasilnya kurang optimal, terkadang mereka hanya sempat mencuci dengan air dan mengelap menggunakan handuk kering, sekilas memang nampak bersih namun belum tentu di dalamnya.
  2. Menggunakan sabun batangan, jenis sabun yang satu ini higienitasnya kurang, karena tak hanya digunakan seorang diri selain itu disimpan dalam ruang terbuka berbagai jenis kuman sangat rentan menghinggapinya, untuk itu pilihlah jenis liquid jika ingin terjamin kebersihannya.
  3. Menggunakan air dalam wadah secara bersamaan, dalam artian air yang digunakan untuk membasahi juga digunakan untuk membilas. Ini sama saja dengan Anda tak mencuci tangan karena kuman tetap bisa menempel kembali.
  4. Kurang lebih dalam membilas, jangan kira bahwa sabun sangat higienis digunakan, nyatanya saat kamu kurang bersih mencuci tangan maka kuman akan tetap menempel tak mau hilang.

Kamu juga harus mengenali cara cuci tangan yang tepat menurut WHO, dimulai dengan membasahi seluruh bagian dengan air, menggunakan sabun dan gosokkan secara merata ke seluruh bagian hingga sela jari dan kuku baru kemudian bilas. Lakukan hal tersebut sebelum makan, keluar dari kamar mandi, menyentuh binatang dan kebiasaan-kebiasaan kotor lainnya.

Leave a Reply