Cari Cara Mengatasi Alergi Kulit Sebelum Menjadi Parah!

Iya, judul diatas tidak hanya sekedar isapan jempol semata. Cara mengatasi alergi kulit harus dicari segera jika Anda sudah mulai ada kelainan pada kulit Anda setelah Anda mengalami keadaan tertentu. Seperti setelah makan suatu jenis makanan tertentu, saat udara dingin ataupun ketika berada pada ruangan berdebu. Hal-hal ini disebut sebagai alergen atau penyebab alergi. Masing-masing orang bisa memiliki jenis alergen yang berbeda. Bisa saja satu alergen atau bahkan lebih dari satu.

Pada dasarnya, alergen atau pencetus alergi ini bisa menyerang tubuh melalui berbagai macam cara. Diantaranya yaitu melalui:

  1. Saluran pencernaan (lewat makanan),
  2. Saluran pernafasan (lewat udara yang kita hirup),
  3. Melalui sebuah suntikan (seperti alergi obat),
  4. Kontak langsung dengan kulit. Seperti setelah menyentuh hewan tertentu.

Setiap orang yang memiliki alergi sesuatu, bisa dikatakan harus bersiap bahwa alergi tersebut tidak dapat disembuhkan. Namun bukan berarti Anda tidak mencegahnya. Adapun tips mengatasi alergi pada kulit ini bisa dengan cara:

  • Membuat lingkungan Anda senyaman mungkin. Usahakan lingkungan Anda bersih, baik dari debu maupun hewan kecil penyebab gatal, jamur dan lainnya.
  • Lebih baik menggunakan alat bantu seperti sarung tangan saat akan menyentuh alergen. Seperti saat bersih-bersih rumah atau saat akan mencuci piring.
  • Hentikan dulu penggunaan obat-obatan yang membuat hormon menjadi tidak seimbang. Karena dengan kondisi ini, tubuh akan semakin “mengacau” saat membentuk antibodi.

Anda juga perlu mengetahui, bahwa pada dasarnya saat seseorang menderita alergi, maka ada beberapa penyebab yang mendasari. Yaitu karena faktor keturunan ataupun karena faktor lingkungan. Dimana alergen yang masuk dalam tubuh akan dikenali oleh benda asing oleh tubuh. Sehingga imunitas tubuh akan membentuk antibodi atas alergi tersebut. Maka, selain faktor eksternal Anda juga perlu menelusuri riwayat alergi di keluarga Anda. Hal ini menjadi cara mengatasi alergi kulit yang paling murah. Karena Anda dapat dengan mudah menghindari hal-hal yang menyebabkan terjadinya alergi pada kulit maupun bagian tubuh yang lain.

Leave a Reply