Cara Diet Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Ciri ciri penyakit diabetes – diet yang dilakukan seseorang untuk mengatasi penyakit diabetes atau kencing manis ini biasanya disarankan oleh dokter anda. Perlunya melakukan diet untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan buruk anda seperti gaya hidup dan juga pola makan. Diet yang dilakukan oleh penderita diabetes biasanya bergantung dari faktor – faktor yang meliputi kebiasaan makan, gaya hidup, usia, pekerjaan, jenis kelamin, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol di dalam darah dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Berdasarkan penelititan yang dilakukan, bahwa ciri ciri penyakit diabetes seperti orang yang memiliki badan yang gemuk yang mempertahankan berat badannya meggunakan banyak energi dari pada dengan orang yang memiliki berat badan normal. Hal ini dapat terjadi apabila mereka mengkonsumsi lebih banyak energi daripada biasanya.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan kalori pada tubuh sebagai cara diet bagi penderita diabetes.

o Merencanakan diet yang sesuai.

Dokter tempat anda melakukan pengobatan penyakit diabetes akan memberikan rekomendasi diet yang tinggi karbohidrat, tinggi serat dan rendah lemak untuk merangsang dan menurunkan berat badan. Anda akan mengalami penurunan berat badan dengan melakukan diet jenis ini bahkan apabila pasokan kalori total anda tidak menurun.

Apabila anda tidak mengkonsumsi serat yang cukup dalam proses diet akan meningkatkan risiko kadar koleterok dalam darah yang dapat memperburuk penyakit diabetes.

o Memprediksi rasio penurunan berat badan.

Dianjurkan untuk menghindari harapan yang kurang masuk akal mengenai diet untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan yang ideal adalah sekitar 1- 2 kg per bulan. Anda juga akan mempertahankan berat badan yang ideal dalam waktu yang lebih lama jika menurunkan berat badan secara bertahap.

o Pertukanan makanan.

Konsistensu dalam diet merupakan salah satu faktor penting sebagai penunjang kontrol yang efektif dari penyakit diabetes. Perlunya mengkonsumsi kira-kira sejumlah karbohidrat, protein dan juga lemak yang sama pada setiap kali makan. Kuantitas setiap makanan ini sebaiknya didasarkan pada tingkat aktivitas fisik dan jadwal pemberian insulin dan obat – obatan diabetes.

Leave a Reply