4 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentu merupakan impian bagi setiap orang dimanapun di muka bumi ini. Dengan tubuh yang sehat, tentunya dalam menjalankan aktivitas pun akan jauh lebih lancar dan bersemangat. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan melakukan olahraga. Ada banyak manfaat olahraga bagi kesehatan, baik itu kesehatan jasmani maupun manfaatnya untuk kesehatan mental seseorang. Untuk itulah maka berolahraga sangat disarankan untuk anda yang ingin mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Ingin tau apa saja manfaat dari berolahraga untuk kesehatan tubuh? Simak BLABLA manfaat dari olahraga untuk kesehatan.

 

  • Mencegah masuknya berbagai penyakit. Usia tua menjadi masa-masa yang paling dihindari oleh setiap orang. Mengapa? Pasalnya usia tua memang merupakan masa-masa dimana tubuh sangat rentan terkena penyakit. Untuk meminimalisir terjangkit penyakit ketika berada di usia senja, melakukan olahraga rutin ketika masih di usia muda bisa menjadi solusi yang tepat. Tak hanya untuk meminimalisir masuknya penyakit ketika di usia senja, manfaat olahraga bagi kesehatan juga tentunya akan sangat bermanfaat untuk mengcegah penyakit pada berbagai usia.
  • Memperbaiki mood. Ketika mood sedang down, misalnya sedang marah, sedih, galau, dan lain sebagainya, siapa sangka ternyata dengan berolahraga justru bisa membantu meningkatkan mood menjadi lebih baik. Cukup luangkan waktu selama kurang lebih tiga puluh menit untuk merasakan manfaat olahraga bagi kesehatan
  • . Dengan demikian maka mood pun akan jauh lebih baik. Olahraga memang bermanfaat untuk kesehatan mental. Selain memiliki dampak baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara jasmani, berolahraga juga akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan mental seseorang. Olahraga secara rutin selain bisa membantu membuat mood menjadi lebih baik, juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan rasa semangat dalam beraktivitas sehari-hari, dan membantu membentuk pribadi yang lebih positif.
  • Membantu membentuk tubuh yang ideal. Mendapatkan tubuh yang fit, bugar, dan langsing ideal, hal ini tentu menjadi idaman semua orang. Salah satu cara yang paling efektif untuk membantu membentuk tubuh ideal adalah dengan cara berolahraga secara rutin setiap hari. Olahraga rutin sangat ampuh untuk membentuk otot-otot tubuh dan membantu membakar lemak berlebih yang tertimbun di dalam tubuh. Dengan berolahraga, maka manfaat olahraga bagi kesehatan adalah bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh dengan mengubah lemak menjadi energi.
  • Mempertajam memori atau ingatan. Salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan adalah kemampuannya untuk membantu meningkatkan daya ingat. Bagaimana bisa? Keringat yang keluar ketika melakukan olahraga bisa meningkatkan produktifitas hippocampus yang merupakan bagian pada otak yang memiliki fungsi untuk meningkatkan daya ingat atau memori. Manfaat ini bisa dirasakan oleh siapa saja, dari mulai usia anak-anak, remaja, hingga usia lanjut.

 

Itulah beberapa manfaat dari berolahraga secara rutin. Tak hanya melakukan olahraga secara rutin, tubuh yang sehat juga tentunya bisa didapatkan dengan lebih cepat dengan cara merubah pola hidup yang lebih sehat. Misalnya, tidur cukup setiap hari, hindari stress, terapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna setiap hari, perbanyak minum air putih, dan kebiasaan baik lainnya agar manfaat olahraga bagi kesehatan pun bisa terasa lebih maksimal. Jangan lupa sertai dengan multivitamin atau suplemen untuk kesehatan.

Baca Juga :  Dampak Positif Dari Konsultasi Dokter Online

 

Leave a Reply