Hal yang Tidak Dilakukan Dalam Pemakaian Bedak Bayi

Mayoritas dari bunda berpendapat jika kita memakai beda khusus untuk bayi, bayi akan merasa aman dan nyaman. Baik dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang berusia bulanan karena mengingat tipis, rentan dan sensitifnya kulit pada bayi. Namun apakah bunda tahu ? Bahwasannya ada beberapa yang yang tidak seharusnya dilakukan untuk memakai bedak bayi. Meski penggunaan produk khusus bayi, jika penggunaannya tidak sesuai aturan yang disarankan itu juga akan timbul hal yang tidak diinginkan terhadap bayi itu sendiri. Jadi untuk melakukan ini, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Namun apa sajakah yang tidak boleh dilakukan dalam memakai bedak bayi ? Simaklah sebagai berikut.

 

  • Memakai Bedak Sembarangan

 

Bayi yang baru lahir cenderung memiliki kulit yang tipis sehingga mudah terserap bahan kimia yang menempel pada kulit. Oleh karena itulah janganlah menggunakan bedak bayi yang mengandung bahan kimia, dan parfum yang tinggi agar dapat mencegah penyakit kanker kulit dengan mudah. Gunakan bedak bayi dari bahan alami dan aman berdasarkan tes uji lab klinis seperti Zwitsal Baby Powder.

 

  • Penuangan di dekat wajah bayi

 

Bila akan menuangkan bedak bayi, jauhkan pada wajah bayi. Karena serbuk pada bedak itu akan terhirup pada hidung bayi dan masuk ke dalam paru – paru sehingga memicu gangguan pernapasan pada bayi.

 

  • Mengusap pada bagian daerah intim bayi

 

Janganlah mengusapkan bedak bayi pada area intim dan saluran urine pada bayi, karena akan menyebabkan infeksi pada organ tersebut dan terganggunya jalan keluarnya saluran urine. Usapkan pada bagian lipatan kulit bayi.

 

  • Area kulit yang iritasi atau luka

 

Hindari penggunaan bedak bayi pada area kulit yang memerah seperti iritasi atau luka. Hal ini akan memperparah area iritasi pada bayi dan timbul reaksi granumola.

 

  • Mengusap pada area keringat dan kotor

 

Dalam pemakaian bedak bayi, pastikan kondisi kulit dalam keadaan kering dan bersih, sehingga kecil kemungkinannya untuk terjadi hal yang tak diinginkan pada kulit tipis bayi.

 

  • Mengusap di daerah dekat mata

 

Bolehlah digunakan pada wajah, namun hati –hati jangan sampai berada didekat mata, karena dikhawatirkan serbuk akan masuk ke mata bayi dan menyebabkan gangguan mata bayi.

Itulah hal yang tidak boleh dilakukan dalam penggunaan bedak pada bayi. Memang untuk bayi yang baru lahir bunda pun dituntut ekstra hati – hati dalam mengurus bayi. Namun ini akan menjadi kebaikan tersendiri bagi bunda agar bayi selalu aman dan nyaman dipelukan bunda.

Baca Juga :  Tahap Penting dalam Perkembangan Bayi

Leave a Reply