Macam-macam Jenis Fisioterapi

Menjalani terapi fisik secara tepat bisa memnimalkan terjadinya dampak yang kurang baik dalam hal penggunaan obat telan. Terapi fisik atau yang lebih sering dikenalnya sebagai fisioterapi pelayanannya sendiri bisa didapatkan di rumah sakit ataupun klinik fisioterapi dengan tetap bersama arahan dokter ahli pastinya. Oleh sebab itu juga lah konsultasi kesehatan pun sangat diperlukan. Konsultasi kesehatan sendiri bisa dilakukan via online di Konsula.com aga anda pun tidak perlu antri dengan pasien lainnya untuk dapat bertemu dengan dokter dan berkonsultasi. Jika konsultasi kesehatan via online bisa dilakukan seperti di Konsula.com ini lebih mudah anda juga tentu mengemat tenaga dan mengehemat waktu.

Nah, bicara soal fisioterapi sendiri, ada banyak jenis fisioterapi apa saja itu ? Berikut ini antara lainnya :

  1. Exercise Therapy

Bisa juga disebut sebagai terapi latihan, metode yang satu ini dilakukan guna mengembalikan fungsi gerak dan juga memberikan penguatan supaya dapat kembali berfungsi secara normal ataupun minimal meringankan kondisi anggota gerak yang bermasalah. Salah satu contoh pelaksanaannya adalah pasa kasus patah kaki, akan dilakukan metode fisioterapi dengan bertahap, kapan pasien harus belajar sedikit demi sedikit untuk menapakkan kaki hingga betul-betul kakinya bisa menapak.

  1. Heating Therapy

Disebut juga sebagai terapi pemanasan, dimana metode ini memanfaatkan kekuatan panas yang biasanya dipakai pada kelainan otot. Untuk pelaksanaan terapi sendiri pastinya disesuaikan dengan tingkah kelihan.

  1. Electrical Stimulations Therapy

Bisa juga dikatakan sebagai terapi stimulasi listrik. Terapi yang satu ini memakai aliran listrik yang tenaganya kecil untuk pasien yang mengalami gangguang pada ototnya. Tujuan metode ini adalah untuk mengatasi nyeri otot lewat tempelan aliran listrik.

  1. Cold Therapy

Terapi dingin biasanya dilakukan untuk orang-orang yang mengalami  cedera. Misalkan karena jatuh ataupun karena olahraga ada bagian anggota gerak tubuh yang tiba-tiba bermasalah. Metode fisioterapi yang satu ini bisa untuk mengurangi pembengkakan.

  1. Chest Physiotherapy

Pasien yang bisa menjakani terapi Chest Physiotherapy ini adalah yang mengeluhkan gejala seperti batuk-batuk. Ditempuhnya metode yang juga disebut sebagai terapi dada berfungsi untuk membersihkan saluran pernafasan serta juga memperbaiki pertukaran udara

  1. Hydro Therapy

Metode fisioterapi yang satu ini diperuntukkan bagi pasien yang gangguan gerak akibat spastisitas. Selain itu juga bisa jadi terapi untuk bayi yang masa pertumbuhannya lambat, yang terlambat untuk bisa berjalan.

Leave a Reply