Sensasi  Rasa Teh Pletok Sesuai Keunikan Namanya

Pakarnutrisi.net –  Teh pletok merupakan minuman tradisional khas betawi yang sudah menjadi minuman populer karena keunikan namanya, minuman yang lebih dikenal dengan nama bir pletok ini sebenarnya tidak memiliki kandungan alkohol meskipun diberi nama dengan sebutan bir. Sensasi rasa yang khas melalui bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini, memberikan rasa yang lezat sekaligus nikmat untuk menyegarkan tubuh terutama saat pagi hari di mana waktunya untuk memulai aktifitas. Sehingga aktifitas akan lebih terasa ringan karena tubuh memiliki energi tinggi yang baik untuk menunjang kegiatan dalam setiap aktifitas. Cara pembuatannya yang mudah membuat anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan minuman sehat dan segar ini, karena anda dapat membuatnya sendiri sehingga bahan yang dipakai pun lebih terjamin manfaatnya.

Minuman Tradisional

Sensasi  Rasa Teh Pletok Sesuai Keunikan Namanya

Bagi anda yang ingin membuat minuman khas betawi tersebut, terlebih dulu yang perlu diketahui adalah bahan yang harus anda sediakan yaitu 2 kantung teh celup sariwangi, 6 buah cengkih, 10 cm kayu manis, 2 lembar daun pandan yang diikat, 3 sdm gula merah atau sesuai selera, 500 ml air, sejumput secang dan 1 ruas jahe untuk dimemarkan. Setelah mempersiapkan bahan-bahan tersebut anda dapat memulai untuk membuat minuman ini dengan merebus secang, daun pandan, kayu manis, cengkih, jahe, dan gula merah di dalam air yang mendidih. Setelah semua bahan tercampur rata diamkan di atas api selama tiga menit. setelah 3 menit matikan api lalu saring minuman ke dalam gelas, kemudian celupkan 2 kantung teh sariwangi selama 1 menit dan diamkan hingga semua bahan tercampur rata dengan teh. Sensasi rasa lain seperti dingin dapat anda nikmati melalui kreasi bahan lain yaitu es batu serta serutan kelapa muda atau nata de coco, sehingga kesegaran sebagai pengusir dahaga di siang hari pun akan anda dapatkan.

Selain berkhasiat saat diminum oleh orang dewasa, anda juga dapat memberikan minuman tradisional teh pletok ini untuk anak anda yang sedang mengalami diare, muntah dan flu. Jadi selain merasakan sensasi yang khas pada rasanya, anda juga dapat memperoleh khasiat bagi kesehatan, juga dapat menghadirkan kesegaran saat disajikan dingin serta dapat menghangatkan tubuh pada kondisi cuaca dingin seperti musim hujan.

Baca juga: Macam-macam Jenis Fisioterapi

Leave a Reply