Tips Perawatan Wajah Untuk Kulit Kering

Ada banyak tipe atau jenis kulit pada manusia. Namun rata-rata dijadikan dalam empat kategori yaitu kulit dengan jenis kering, kulit dengan jenis normal, kulit dengan jenis kombinasi, serta kulit dengan jenis berminyak. Setiap jenis memiliki permasalahan masing-masing seperti misalnya kulit kering. Perawatan wajah yang harus dilakukan untuk kulit kering berbeda dengan perawatan wajah untuk kulit dengan jenis lainnya. Kulit kering cenderung kekurangan cairan sehingga lapisan-lapisannya mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, di bawah ini merupakan tips yang dapat dilakukan untuk merawat kulit wajah yang kering.

1. Pilih Pembersih Yang Tepat
Kulit kering tidak membutuhkan pembersih yang terlalu keras. Anda yang memiliki kulit dengan jenis kulit kering harus menghindari pembersih wajah yang mengandung scrub atau micro beads. Pilihlah yang mengandung bahan-bahan yang berfungsi menambah kelembapan seperti madu, bunga mawar, lidah buaya, blueberry, hyaluric acid, dan lain-lain. Biasanya setiap sabun mencantumkan kategori jenis kulit.

2. Lengkapi Dengan Langkah Toning
Melakukan pencucian wajah dengan sabun pembersih akan membuat wajah menjadi sedikit kering. Untuk kembali menetralkan kondisi kulit, gunakanlah toner yang bebas dari alkohol. Selain mengembalikan kelembapan, perawatan wajah dengan tonih juga akan mengembalikan angka pH pada kulit.

3. Jangan Pernah Lupakan Moisturizer!
Kulit wajah dengan tipe kering sangat membutuhkan moisturizer atau pelembap. Anda dapat menggunakan dua jenis pelembap dalam rangkaian perawatan sehari-hari. Memadukan serum dengan cream akan membuat lapisan-lapisan kulit wajah menjadi lembap. Pilih pelembap yang cocok dengan Anda dan mengandung nutrisi yang tepat.

4. Perlindungan
Perawatan wajah lainnya yang sering diabaikan adalah perlindungan. Tinggal di Indonesia yang merupakan negara sub-tropis membuat kita terus berhadapan dengan cahaya matahari yang terik. Untuk melindungi kulit wajah khususnya untuk wajah dengan tipe kering, gunakan sunblock atau suncream dengan SPF minimal 25.

5. Treatment
Kulit yang sehat bukan hanya soal perawatan sehari-hari, tetapi juga perawatan khusus seperti perawatan mingguan dan bulanan. Anda dapat menggunakan masker dengan berbagai jenis yang dikhususkan untuk kulit kering. Anda juga dapat melakukan beberapa treatment dengan dokter kecantikan yang terpercaya.

Bila Anda masih tidak mengerti dan butuh bantuan, hubungi saja Konsula sebagai tempat yang pas untuk menangani segala masalah kesehatan termasuk kesehatan kulit wajah Anda. Anda dapat berkonsultasi dengan mereka dan membuat janji dengan dokter terpercaya melalui online. Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi website resmi mereka atau download aplikasinya di GooglePlay lewat gadget Anda. Itu dia beberapa tips yang dapat dipraktekan agar masalah kulit wajah yang kering menjadi normal dan lebih enak dipandang. Perawatan wajah untuk kulit dengan jenis kering tidaklah sulit, asalkan Anda mau rutin melakukan langkah-langkah yang tepat seperti di atas.

Leave a Reply