Mengenal Gejala Bronkitis Pada Anak

gejala bronkitis kronis

Mengenal Gejala Bronkitis Pada Anak

Mengenal Gejala Bronkitis Pada Anak

Bronkitis atau bronchitis adalah suatu penyakit yang terjadi karena adanya suatu peradangan atau inflamasi dari satu bronkus atau lebih. Penyakit ini terbagi menjadi dua, yaitu gejala bronchitis akut dan gejala bronkitis kronis. Bronchitis akut biasanya terjadi karena alergi, angin, flu, dan lain sebagainya. Sedangkan bronchitis kronis disebabkan oleh batuk yang dialami dalam jangka waktu bertahun – tahun serta dalam tiga bulan terjadi tanpa henti atau terus menerus.

Gejala bronchitis pada anak biasanya berawal dari flu yan terus berlanjut. Karena flu yang berkepanjangan inilah yang sangat berbahaya, karena dapat terjadi pembenkakan di daerah saluran pernapasan dan mengeluarkan sebuah cairan atau lender, hal ini membuat anak menjadi susah untuk bernapas. Selain itu, gejala lain dari bronchitis adalah batuk yang memiliki dahak, napas terengah – engah serta memiliki bunyi dengan frekuensi 40 kali dalam satu menit.

Anak menjadi sulit makan dapat terjadi karena gejala dari penyakit ini. Anak menjadi merasa mual dan ingin muntah karena ingin mengeluarkan ledir yang terdapat di saluran pernapasan terus mengental. Selain itu, gejala lain dari penyakit ini adalah suhu tubuh yang meningkat.

Sebenarnya, penyakit bronchitis bersifat endemis saat suhu udara atau lingkungan dingin dan lembap. Maka dari itu penyakit yang satu ini dapat terjadi kapan saja tergantung pribadi masing – masing dalam merawat kesehatan.

Leave a Reply