Biji-bijian, Makanan Sehat untuk Jantung Kaya Serat dan Rendah Lemak

Takut mengalami penyakit jantung? Jika Anda belum di diagnosa dengan penyakit ini, Anda sebaiknya mulai menjaga diri Anda dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung. Makanan berkaitan erat dengan kesehatan jantung, dan dengan mengkonsumsi produk yang sehat serta berguna untuk tubuh, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit jantung. Contohnya saja jantung koroner yang terjadi karena penyumbatan lemak di arteri.

Salah satu produk makanan sehat untuk penyakit jantung yang sangat disarankan adalah bahan makanan yang berasal dari kelompok biji-bijian. Bahkan banyak penelitian yang mengatakan bahwa biji-bijian merupakan salah satu kelompok makanan sehat yang bisa Anda makan. Biji-bijian sendiri merupakan bahan pangan nabati yang dari kulit sampai benihnya penuh dengan nutrisi seperti serat, asam amino, likopen, vitamin C, dan macam-macam vitamin dan mineral lainnya lagi.

Selain biji-bijian, yogurt juga menjadi salah satu makanan sehat untuk jantung lho, simak selengkapnya.

Apa saja contoh dari produk biji-bijian yang sangat bermanfaat bagi jantung? Ini beberapa di antaranya:

  1. Azuki bean
    Sering juga diterjemahkan sebagai kacang merah. Kacang ini sangat populer di Korea dan Cina, dan memiliki protein tinggi yang akan menghambat penyakit kanker usus besar. Kadar lemaknya rendah, dan sangat berguna untuk kesehatan jantung serta penderita diabetes. Selain itu, serat, zat besi, dan karbohidrat kompleks juga banyak dikandungnya.
  2. Oatmeal
    Biji yang mengandung serat tinggi, vitamin, serta mineral, dan memiliki kadar lemak rendah. Berguna untuk mengurangi kolesterol dan melindungi jantung.
  3. Biji chia
    Berasal dari Gurun Salvia Hispanica yang ada di Meksiko. Banyak mengandung omega-3 dan serat, yang akan membantu supaya kolesterol turun sehingga mencegah jantung rusak.
  4. Beras merah
    Seratnya tinggi, dan lapisan di jaringannya mengandung zat yang bisa mencegah tekanan darah tinggi dan mencegah arteri jantung mengeras.

Selain itu masih ada lagi makanan sehat untuk jantung seperti jagung, biji wijen, kacang-kacangan seperti polong, mete, dan kacang hijau. Anda bisa memasak biji-bijian tersebut dengan produk-produk dari Tropicana seperti minyak kanola maupun minyak jagung. Ditambah dengan kecap manis dan asin rendah lemak dari Tropicana, masakan Anda tetap lezat dan Anda bisa hidup sehat.

Leave a Reply