Tips Mencegah Diare Menyerang di Musim Hujan

Pencegahan Diare

Tips Mencegah Diare Menyerang di Musim Hujan

Tips Mencegah Diare Menyerang di Musim Hujan

Musim hujan adalah sebuah fase dimana ancaman penyakit menyerang tubuh akan ada, dan hal inilah yang harus segera untuk diperhatikan agar kesehatan tubuh bisa dijaga dengan baik di musim hujan. Di musim hujan perkembangan bakteri dan kuman penyebab penyakit bisa dikatakan lebih meningkat dibandingkan musim kemarau karena suasana yang lembab memang sering dihinggapi bakteri. Apalagi di jalan tentu juga banyak ditemui genangan air hujan, yang mana itu bisa menjadi tempat tinggal bakteri. Nah, bakteri yang ada dimana-mana saat musim hujan tersebut pun membuat penyakit juga turut datang. Salah satu penyakitnya adalah diare.

Penyakit diare jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan yang khusus akan bisa menimbulkan resiko yang besar. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam upaya pencegahan diare saat musim hujan tiba. Apa saja langkah tersebut ? Yang pertama adalah biasakan untuk selalu menjaga kebersihan makanan. Makanan yang merupakan sumber nutrisi untuk tubuh kita jelas harus dijaga kebersihannya. Apabila sumber nutrisi tersebut terkontaminasi dengan kuman dan bakteri penyebab diare bagaimana ? Tentunya nutrisi pada tubuh tidak terpenuhi justru penyakit datang dan membuat tubuh banyak kehilangan cairan. Seperti yang diketahui bahwa diare menyebabkan penderita akan kekurangan cairan karena gejala yang ditimbulkan adalah seringnya buang air besar. Oleh sebab itulah satu langkah pencegahan diare yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan makanan. Caranya adalah selalu cuci bahan makanan sebelum memasak dan tutup apabila sedang tidak dimakan.

Selain itu, untuk anda yang mengolah bahan makanan juga biasakan untuk mencuci tangan memakai sabun anti bakteri seperti Lifebuoy saat sebelum mengolah makanan. Langkah yang selanjutnya untuk mencegah terjadinya diare adalah hindari mengonsumsi minuman yang belum matang. Lalu langkah berikutnyaadalah biasakan memakai alas kaki saat berpergia. Jika perlu juga gunakan pakaian yang hangat. Musim hujan selalu identik dengan cuaca dingin dan becekan ada dimana-mana. Oleh sebab itu jaga kebersihan diri ketika beraktivitas di luar rumah saat musim hujan.

Satu langkah lagi untuk menjaga kebersihan diri sebagai upaya pencegahan diare disaat musim hujan adalah rutinlah mandi dua kali sehari menggunakan sabun anti kuman Lifebuoy. Musim hujan membuat tubuh seseorang memiliki resiko menjadi tempat kuman bersarang. Oleh sebab itu kebersihan diri harus dijaga selalu.

Leave a Reply