Cara Mendukung Perkembangan Psikologi Anak yang Wajib Bunda Tahu

Cara Mendukung Perkembangan Psikologi Anak

Setiap anak memiliki keunikan dan kecerdasan yang berbeda-beda sesuai dengan tumbuh kembang mereka. Perkembangan psikologi anak tidak terlepas dari peranan orang tua mulai dari pemberian kasih sayang dan nutrisi yang baik untuk perkembangan anak. Tercukupinya kebutuhan nutrisi seorang anak mampu mendukung perkembangan fisik maupun psikologis mereka. Semua kebutuhan nutrisi dapat diperoleh dari produk berkualitas Wyeth yang mendukung tumbuh kembang anak.

Usia 0-8 tahun merupakan usia emas seorang anak karena pada usia tersebut seorang anak mampu menyerap dan merekam hal-hal yang mereka lihat dan dengar dengan baik sehingga diusia ini merupakan usia emas untuk membentuk karakter seorang anak. Orang tua dapat membentuk karakter anak dengan mengajarkan beberapa hal kecil tetapi mampu berdampak besar untuk perkembangan psikologi anak. Bagaimanakah caranya?

Bunda dapat memulai dengan mengajarkan hal-hal kecil kepada anak seperti mengajarkan peraturan yang harus dipatuhi oleh anak yaitu anak wajib membuang sampah pada tempatnya, buang air kecil di kamar mandi, menggosok gigi setalah makan atau sebelum tidur, memberi salam saat keluar maupun masuk rumah, dan masih banyak lainnya. Kebiasaan-kebisaan kecil ini dapat membentuk pribadi anak menjadi lebih disiplin dan taat pada peraturan yang berlaku.

Selain itu Bunda dapat mengajarkan kepada anak untuk menyayangi binatang dengan memberikan binatang peliharaan yang harus dirawat dan dijaga oleh anak. Anak-anak akan memiliki rasa kasih sayang terhadap binatang dan hal ini dapat membentuk karakter anak menjadi pribadi yang lebih lembut dan tidak kasar.

Anak-anak juga harus memiliki waktu untuk bermain bersama dengan teman sebayanya. Bermain bersama dengan teman sebaya dapat memberikan pelajaran untuk hidup bersosialisasi dengan orang lain sehingga anak dapat berinteraksi dengan baik. Anak yang memiliki lebih banyak teman akan menjadi pribadi yang lebih ramah dan dapat menurunkan rasa egois anak. Bunda dapat memberikan permainan-permainan yang menarik dan mampu mengasah keterampilan otak, selain itu tidak ada salahnya Bunda dapat memberikan permainan yang mengandung kompetisi sehingga anak mengenal dengan rasa kekalahan maupun kemenangan. Jadi pada intinya peranan orang tua sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan anak.  Jika Anda ingin mengetahui perkembangan dan kepintaran anak Anda, kunjungi situs www.parentingclub.co.id disini.

Leave a Reply