Apakah Jantung Berdebar Merupakan Gejala Penyakit Jantung?

Tanpa dirasakan, jantung Anda berdetak setiap waktu. Namun ada kalanya Anda merasakan jantung berdetak dengan kencang. Anda harus berhati-hati karena situasi yang Anda anggap normal ini bisa menjadi penyakit yang serius. Jantung berdebar merupakan sensasi saat jantung terasa berdegup dengan kencang di situasi tertentu. Jantung yang berdebar dapat menjadi tanda penyakit jantung namun secara umum kondisi ini tidak berbahaya serta hanya terjadi sesekali karena banyak penyebab yang menengarainya. Banyak yang takut jika jantung berdebar ini merupakan gejala penyakit jantung.

Baca juga Ingin Tahu Penyebab Sakit Jantung, Mudah Kok

Ada beberapa pemicu penyebab jantung berdebar ini, seperti:

  1. Perubahan hormon pada wanita. Berubahnya kadar hormon saat masa kehamilan, serta menopause bisa menyebabkan jantung berdebar, kondisi ini tidak berbahaya dan bersifat sementara,
  2. Pengonsumsian obat-obatan. Kadang saat Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan jantung berdebar. Contoh obat tersebut seperti asma, atau obat untuk menanggulangi gangguan tiroid,
  3. Gaya hidup. Saat Anda sedang merasa cemas atau saat bergembira, hormon adrenalin akan terlepas dari tubuh sehingga membuat jantung berdebar. Kesukaan mengonsumsi makanan pedas, minuman keras dan minuman kafein juga bisa menyebabkan jantung berdebar,
  4. Serangan kepanikan. Serangan panik bisa membuat Anda merasakan jantung berdebar di iringi dengan perasaan cemas yang hebat.

Kondisi tubuh yang lain seperti kelenjar tiroid yang terlalu aktif, anemia, dehidrasi, kadar gula darah yang terlampau rendah, demam, gangguan jantung, kadar elektrolit yang tidak normal juga dapat menyebabkan jantung berdebar. Jantung berdebar yang bukan merupakan gejala dari penyakit jantung akan beresiko kecil menyebabkan komplikasi. Akan tetapi bila kondisi ini disebabkan karena gangguan jantung, jantung berdebar bisa menyebabkan komplikasi seperti stroke, pingsan secara tiba-tiba hingga gagal jantung.

Umumnya jantung berdebar tidak membutuhkan penanganan khusus karena hanya terjadi sesekali serta memiliki sifat yang sementara. Namun Anda harus berhati-hati jika kondisi ini sering terjadi tanpa sebab yang jelas atau Anda memiliki riwayat penyakit jantung. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter bila kondisi ini diiringi dengan nyeri dada, pusing, sesak napas, hingga pingsan. Ketika memeriksakan diri, dokter akan mempergunakan stethoscope untuk mendengarkan detak jantung Anda, baru setelah itu dokter akan menerapkan beberapa tes.

Jantung berdebar sebenarnya juga dapat ditangani sendiri. Ada beberapa cara sederhana untuk menguranginya seperti menghindari faktor pemicu, seperti rokok, nikotin, minuman yang tinggi kandungan kafein, minuman berenergi. Selain itu Anda juga dapat meredakan kecemasan dengan metode seperti relaksasi, yoga, meditasi, atau aromatherapy. Cara yang bisa digunakan untuk meredakan jantung berdebar karena gejala penyakit jantung atau gejala penyakit lain ialah dengan menerapkan pola hidup yang sehat, bila perlu ganti gula Anda dengan Tropicana.

Ketahui gejala lainnya seputar penyakit jantung disini.

Leave a Reply