Ciri-Ciri Dapur Bersih Dan Sehat

Dapur bersih merupakan dapur yang tidak meninggalkan bau setelah memasak, lantai di dapur tidak licin, sudut-sudut ruangan tidak kotor dan tidak ada peraltan memasak yang menumpuk serta kotor. Seringkali setelah memasak kita enggan untuk membersihkan dapur dan peralatan masak seketika, bisanya santai-santai terlebih dahulu, baru membersihkan semua perlengkapan di dapur. Namun dengan cara tersebut justru membuat dapur menjadi kotor dan bau amis akan terasa betebaran di ruangan sehingga tercium bau tidak sedap. Apalagi harus ditinggalkan bergitu saja berjam-jam di dapur. Biasakan untuk segera membereskan dapur agar cepat beres dan bersih. Berikut ini ciri-ciri dapur bersih dan sehat setiap hari.

  1. Semua peralatan memasak tersimpan rapih di tempatnya masing-masing, seperti panci, wajan, piring, sendok, gelas dan sebagainya tersusun rapih dan bersih. Alangkah baiknya peralatan makan disimpan dalam rak agar terhindar dari debu dan kotoran.
  2. Tidak ada wadah kototr yang menumpuk sehingga menyebabkan bau amis di ruangan dapur, biasakan anggota keluarga mencuci piring masing-masing setelah makan atau setelah menggunakan peralatan di dapur, selain pekerjaan ibu menjadi ringan, wadah kotor di dapur pun tidak ada.
  3. Biasakan setiap pagi dan sore hari memilah dan membuang sampah, biasanya sampah menyebabkan bau tidak sedap di dapur, oleh karen aitu pisahkan sampah orgaik dan sampah an organik, masukan kedalam kantong keresek dan buang setiap sore atau pagi hari.
  4. Gunakan pengharum ruangan di dapur agar terasa lebih sgar, jangan gunakan pengharum ruangan sprai atau yang di semprot, karena akan menyebabkan terkontaminasinya dengan makanan dan peralatan memasak di dapur. Gunakan pengharum ruangan kemasan yang praktis dengan aroma buah atau bunga segar.
  5. Di dapur harus ada jedela atau sirkulasi udara, sehingga pada saat memasak asap di dapur mudah keluar dan udara tidak pengap.

Itulah ciri-ciri dapur bersih dan sehat yang dapat menjadi referensi ibu-ibu di rumah agar ruangan di dapur menjadi nyaman dan terlihat rapih.

Leave a Reply