Yogurt, Konsumsi Ringan dengan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

yogurt

 

Salah satu produk olahan susu yang begitu terkenal di berbagai kalangan masyarakat adalah yogurt. Yogurt adalah pilihan konsumsi ringan yang menyehatkan. Ada begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dari yogurt. Itulah yang jadi alasan utama kenapa yogurt begitu populer di berbagai kalangan masyarakat. Yogurt adalah salah satu minuman probiotik, yang mana probiotik sendiri bisa diartikan sebagai organisme hidup yang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup akan dapat memberikan efek positif yang besar untuk kesehatan tubuh. Probiotik juga disebutnya sebagai bakteri baik yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Berasal dari susu yang memiliki banyak manfaat, ditambah lagi juga difermentasi dengan menyertakan bakteri baik, tentu ini semakin melengkapi kandungan gizi di dalam yogurt. Sehingga manfaatnya untuk kesehatan tubuh juga semakin banyak. Berikut ini segudang manfaat dari yogurt :

 

  1. Mencegah Osteoporosis – yogurt kaya akan kalsium, seperti yang diketahui bahwa susu yang merupakan bahan baku pembuatanya kaya akan kandungan kalsium. Kalsium di dalam yogurt inilah yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang sehingga mencegah terjadinya osteoporosis. Terlebih apabila yogurt telah dilengkapi dengan vitamin D, yang membuat perannya semakin lengkap dalam menjaga kesehatan tulang.

 

  1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh – kandungan nutrisi yang banyak di dalam yogurt membuatnya diklaim dapat untuk membantu dalam memperkuat sistem imun alias daya tahan tubuh. Lewat perubahan mikroflora serta respons sistem kekebalan tubuh, yogurt diketahui dapat menangani masalah radang usus. Manfaat untuk kesehatan tubuh dari konsumsi yogurt juga diketahui dapat membuat tubuh lebih resisten pada infeksi, dapat mempercepat penyembuhan penyakit yang dikarenakan oleh infeksi.

 

  1. Menunda Rasa Lapar Lebih Lama – yogurt adalah pilihan cemilan sehat bagi mereka yang sedang diet. Kandungan serat di dalam yogurt lah yang disinyalir dapat memberikan efek untuk menunda rada lapar dan membuat perut kenyang lebih lama. Jadi tidak heran kalau yogurt adalah konsumsi ringan yang sehat dan patut untuk dipilih dikonsumsi di sela-sela waktu sebelum tiba jam makan utama.

 

  1. Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan – kandungan bakteri baik di dalam yogurt salah satu manfaatnya untuk kesehatan tubuh adalah dapat membantu dalam mengatasi masalah pada sistem pencernaan. Yogurt diketahui dapat memberikan efek positif terhadap mikroflora di dalam usus. Sehingga gangguan pencernaan seperti radang usus, diare, intoleransi laktosa maupun kontipasi bisa dibantu diredakan dengan konsumsi yogurt.

Leave a Reply