Diet Rendah Lemak Bagi Penderita Obesitas

Image result for diet tumblr

 

Diet rendah lemak baik dilakukan untuk seseorang penderita penyakit obesitas. Tapi bukan hanya penderita obesitas saja, namun diet ini juga diperuntukan bagi semua orang yang memiliki kadar kolesterol di atas rata-rata. Karena diet ini bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan triglyceride. Selain itu diet ini juga bertujuan untuk menurunkan berat badan bila terlalu gemuk. Seseorang yang menderita penyakit obesitas biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

 

  1. Kebiasaan mengonsumsi makanan berlebihan,

Kebiasaan seseorang memakan makanan yang berlebihan akan mengakibatkan penyakit obesitas. Apalagi jika mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, gula dan kalori, seperti mengonsumsi snack, minuman bersoda, permen dan lainnya.

 

  1. Kurang beraktivitas,

Seseorang yang kurang beraktivitas maka akan cepat mengalami kenaikan berat badan, karena kalori dalam tubuh tidak terbakar. Untuk itu jika ingin terhindar dari penyakit obesitas maka seseorang harus melakukan banyak aktivitas.

 

  1. Genetik atau hormonal,

Faktor genetik merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki penyakit obesitas. Biasanya jika dalam keluarga orang tersebut ada yang memiliki berat badan berlebih, maka kemungkinan bisa terjadi juga pada keturunannya.

 

Dalam menjalankan diet makanan rendah lemak, seseorang harus menjaga pola makan setiap hari. Ada makanan yang harus dibatasi dan ada juga makanan yang harus dihindari, seperti:

Makanan yang perlu dibatasi:

 

  • Biskuit, cake, kue-kue, dan gula.
  • Kuning telur, udang, dan daging tanpa lemak.

 

Makanan yang perlu dihindari:

 

  • Otak, ginjal, hati, sosis, babat, ham, usus, cumi, limpa, sarden kaleng dan daging berlemak.
  • Makanan yang berbahan dasar lemak jenuh seperti minyak yang berasal dari hewan yaitu lemak babi, lemak sapi, lemak kambing, krim, keju, susu full krim, dan mentega.
  • Minuman yang mengandung alkohol seperti bir, soft drink dan arak.

 

Diet rendah lemak ini sangat bagus dilakukan bagi penderita penyakit obesitas. Selain melakukan diet lemak, seorang penderita obesitas juga harus mengatur gula yang masuk dalam tubuh. Untuk mengganti gula dapur, bisa dengan menggunakan Tropicana, karena gula ini mengandung rendah lemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>