Meredakan Batuk dengan Obat Herbal dari Bahan Alami yang Tersedia di Rumah

Salah satu masalah kesehatan yang tergolong ringan, akan tetapi sangat mengganggu ketika mengalaminya adalah batuk. Batuk merupakan masalah penyakit yang sudah begitu umum dialami oleh sebagian masyarakat kita dan rasanya mungkin semua sudah pernah mengalami batuk, terlebih batuk ringan. Batuk sendiri dapat terjadi sebagai bentuk respon ketika tenggorokan yang mengalami gangguan karena terjadinya iritasi, dimana batuk sendiri terjadi bertujuan membersihkan tenggorokan. Kondisi batuk yang selalu mengganggu setiap penderitanya tersebut membuat para penderitanya pasti mencari-cari solusi terbaik untuk meredakan batuk tersebut. Batuk bisa diredakan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah sebagai obat herbal. Hal yang jadi kunci penting untuk mengatasi batu dengan obat herbal dari bahan almi yang tersedia di rumah adalah mengatasinya segera mungkin sebelum batuk terjadi secara berkelanjutan dan lebih parah. Kalau batuk terjadi parah hingga seminggu lebih, maka ini jauh lebih baik untuk memperoleh penanganan medis dari dokter.

Nah, lantas apa saja bahan alami di rumah kita yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meredakan batuk ? Berikut ini beberapa diantaranya :

  1. Cabai

Dapur rumah kita rasanya jarang bahkan mungkin tidak pernah kosong dari yang namanya cabai. Bahan memasak yang punya cita rasa pedas ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk. Kamu yang mengalami batuk, bisa coba untuk mengkonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai. Rasa pedas dari cabai bisa memberikan efek melegakan rongga hidung. Akan tetapi penggunaan cabai sebagai obat herbal untuk meredakan batuk kurang disarankan apabila penderitanya alergi ataupun tidak betah dengan rasa pedas.

  1. Madu

Kalau tidak bisa makan makanan pedas yang mengandung cabai, solusi lainnya yang bisa dipilih adalah madu. Madu telah dikenal sebagai salah satu obat herbal untuk berbagai masalah kesejatan yang salah satunya adalah batuk. Kandungan di dalam madu dipercaya dapat bekerja untuk meredakan batuk sama efektifnya seperti obat yang mengandung dekstrometorfan. Untuk mengkonsumsinya agar bisa memberikan manfaat besar untuk meredakan batuk, campurkan madu ke dalam teh hangat dan juga beri perasan air lemon.

  1. Bawang Bombay

Bawang bombay tentu juga merupakan bahan yang hampir setiap hari tersedia di rumah. Anda bisa memanfaatkan bawang bombay untuk meredakan batuk dengan cara menghirup uap atau bau bawangnya. Uap dari bawang bombay tersebut lah yang dipercaya mampu untuk meredakan batuk. Caranya cukup potong-potong bawang bombay dalam ukuran besar dan taruh di kamar saat hendak tidur. Hiruplah uang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>