Omega 3 dalam Minyak Ikan yang Banyak Memberikan Manfaat Untuk Anak

Belakangan ini minyak ikan semakin dikenal oleh banyak masyarakat kita. Minyak ikan banyak diberikan untuk anak karena memang manfaatnya yang banyak untuk tumbuh kembang anak. Namun pastinya pemberian minyak ikan untuk anak haruslah dipastikan terlebih dahulu seperti apa tingkat keamanannya untuk anak dan seperti apa takaran pemberian yang tepat. Memberikan minyak ikan kepada anak dapat mencukupi kebutuhan asam lemak omega 3 pada anak, dimana asam lemak tersebut berperan penting untuk tumbuh kembang anak, tak terkecuali untuk perkembangan kecerdasan otaknya. Zat gizi yang satu ini dapat mendukung kemampuan kognitif anak, termasuk juga kemampuan koordinasi mata serta tangan, lalu perkembangan dalam hal sosial serta fokusnya. Belum berhenti sampai disitu saja, omega 3 pun dapat menjauhkan anak dari resiko gangguan pernapasan seperti asma.

Pemberian minyak ikan adalah salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan si kecil akan asam lemak omega 3. Meskipun minyak ikan dianggap aman diberikan pada sebagian besar anak, akan tetapi sebaiknya pemberian minyak ikan pada si kecil dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Agar dosis pemberian minyak ikan juga tepat tidak sampai berlebih. Pemberian minyak ikan pada si kecil dianjurkan agar tidak diberikan pada beberapa kondisi khusus. Contohnya ketika anak mengkonsumsi obat pengencer darah maupun sejenisnya, ataupun anak yang mengalami gangguan pendarahan, sampai dengan apabila anak mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kurang baik serta punya alergi terhadap ikan laut. Jika dalam kondisi tersebut pemberian minyak ikan diteruskan, hal ini bukan dapat memberikan asupan zat gizi baik berupa omega 3 pada anak, melainkan justru menaikkan resiko anak mengalami masalah kesehatan.

Saat masih bayi, asupan zat gizi berupa omega 3 bisa diperoleh si kecil lewat pemberian ASI, sehingga dalam masa tersebut ibu menyusui perlu untuk mencukupi kebutuhan asupan omega 3 dengan mengkonsumsi makanan sumber zat gizi tersebut, seperti ikan salmon, ikan tuna, buah alpukat dan lain sebagainya. Pemberian suplemen minyak ikan pada anak bisa dilakukan apabila anak sudah menginjak usia diatas 1 tahun ataupun sesuai dengan anjuran dokter. Pemberiannya pun perlu disesuaikan dengan apa yang disarankan oleh dokter, supaya manfaat dari pemberian minyak ikan pada anak juga bisa diperoleh dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>