Tahukah Anda, Ini Dampak Buruk Gula Darah Tinggi

Tahukah Anda, Ini Dampak Buruk Gula Darah Tinggi

Gula Darah Tinggi

Darah merupakan salah satu bagian terpenting pada setiap makhluk hidup karena memiliki peranan yang begitu vital dalam menunjang kehidupan. Darah bertindak membawa oksigen yang akan diedarkan hingga tingkat sel sel tubuh, sehingga tanpa adanya darah maka mustahil setiap makhluk dapat bertahan hidup termasuk manusia.

Selain membawa oksigen, darah juga membawa sari makanan bagi sel sehingga mampu melakukan proses pembuatan ATP dalam sel. Komposisi darah sebagian besar terdiri dari air, plasma darah, vitamin mineral hingga glukosa. Pada beberapa kondisi dimana kadar gula darah tinggi pada seseorang yang akan langsung berdampak negatif bagi kesehatan.

Nah artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa dampak buruk yang akan terjadi apabila kadar gula darah didalam tubuh selalu tinggi. Silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Yang Terjadi Bila Kadar Gula Tinggi Terus Berlangsung?

Kadar gula darah normal dalam tubuh manusia haruslah dibawah 120 mg/ dl darah saat dalam kondisi puasa atau tidak mengkonsumsi apapun selama 7 jam terakhir. Sedangkan 2 jam setelah makan maka gula darah normal tidak boleh melebihi 180 mg/ dl, bila kadar gula darah melewati ambang batas tesebut maka seseorang sudah masuk kedalam kondisi pre-diabetes atau Hiperglikemia.

Kondisi pre-diabetes ialah suatu tahap awal seseorang terkena penyakit kencing manis apabila tidak segera dilakukan perubahan pola makan yang mengandung banyak gula. Berdasarkan riset study yang dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa waktu rata rata bagi kondisi pre-diabetes untuk menjadi Diabetes Melitus kira kira 2-3 tahun.

Saat seseorang berada dalam kondisi pre-diabetes maka akan muncul gejala yang kurang lebih sama dengan penderita penyakit kencing manis seperti frekuensi buang air kecil mulai meningkat, tubuh lesu dan nafsu makan bertambah cukup drastis. Kadar gula darah yang tinggi berpotensi merusak seluruh organ penting dalam tubuh, membawa komplikasi yang sangat merugikan.

Itulah mengapa penyakit Diabetes begitu ditakuti oleh semua orang sehingga penting bagi kita untuk mulai mengatur asupan gula harian agar tidak berlebihan. Langkah pencegahan yang bisa kita lakukan yakni menggunakan Tropicana, melakukan diet gula garam dan lemak serta olahraga secara teratur selama 200 menit seminggu yang dapat dibagi menjadi beberapa sesi.

Demikianlah penjelasan mengenai dampak buruk yang akan terjadi pada seseorang memiliki kadar gula darah tinggi. Semoga setelah membaca dan memahami informasi diatas dapat semakin meningkatkan kesadaran kita semua akan pentingnya arti kesehatan, terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>