Sederet Zat Gizi dalam Ikan Salmon yang Memberikan Segudang Manfaat Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal ikan salmon ? Ya, ikan yang satu ini punya begitu banyak kandungan zat gizi yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Ikan salmon adalah sumber protein yang bekualitas. Tidak heran kalau ikan salmon dikenal sebagai ikan yang sehat dengan kekayaan zat gizi yang terkandung di dalamnya. Terdapat beberapa mineral penting di dalam ikan salmon, mulai dari kalium, selenium sampai dengan vitamin B12. Belum lagi juga kandungan terbaik di dalam ikan salmon, yakni asam lemak omega 3 yang sudah dikenal akan manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Lalu juga terdapat kandungan asam lemak esensial alami di dalam ikan salmon, yakni EPA alias asam eikosapentatonik serta DHA atau asam dokosaheksanoik. Untuk lebih lengkapnya lagi, mari kita berkenalan dengan segudang manfaat ikan salmon untuk kesehatan :

  1. Mendukung Perkembangan Fungsi Otak

Ikan salmon adalah konsumsi sehat untuk semua usia, tak terkecuali untuk anak-anak. Manfaat ikan salmon untuk anak-anak di masa tumbuh kembangnya adalah dapat mendukung perkembangan fungsi otak untuk dapat berjalan secara optimal. Manfaat tersebut tidaklah lain karena adanya kandungan zat gizi berupa omega 3 EPA di dalam ikan salmon.

  1. Menyehatkan Tulang

Terdapat kandungan vitamin D di dalam ikan salmon yang salah satu perannya adalah dapat untuk menyehatkan tulang. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan vitamin D yang berperan penting untuk kesehatan tulang, ikan salmon adalah salah satu makanan sehat yang dapat untuk dipilih.

  1. Menjaga Fungsi Kerja Jantung

Lagi-lagi, disini peran omega 3 di dalam ikan salmon memegang peranan yang penting untuk menjaga kesehatan yang salah satunya adalah untuk menjaga fungsi kerja jantung. Asam lemak omega 3 merupakan zat gizi yang dapat mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh, dimana peradangan tersebut apabila tidak dikendalikan bisa untuk merusak pembuluh darah yang akhirnya menyebabkan penyakit jantung. Sehingga dengan asupan omega 3 yang cukup dari konsumsi ikan salmon bisa untuk menjaga kesehatan jantung dan menjauhkan dari masalah peradangan tersebut. Omega 3 di dalam ikan salmon juga membantu untuk menurunkan kolesterol jahat serta tekanan darah.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Ikan salmon pun dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan asam lemak omega 3 yang banyak dimiliki oleh ikan salmon dapat membantu dalam mencukupi kebutuhan lemak tubuh sehingga kulit dapat ternutrisi dan terhindar dari masalah kulit kusam. Begitu pun rambut yang ternutrisi akan dapat lebih sehat dan nampak berkilau.

Leave a Reply