Hormon Estrogen Berlebihan Dapat Terjadi Pada Wanita dan Pria

Kelebihan hormon seperti hormon estrogen sangat sering dikaitkan dengan suasana hati dan emosi pada wanita. walaupun tidak dominan, sebenarnya pria juga mempunyai potensi mengalami gangguan kesehatan karena peningkatan hormon estrogen ini. di dalam dunia medis, hormon estrogen yang berlebihan disebut dengan estrogen dominance. Kondisi kelebihan hormon estrogen ini dapat terjadi karena berbagai macam faktor seperti pengobatan tertentu, hingga kondisi lain yang bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

hormon estrogen pada seorang wanita digunakan untuk membantu perkembangan organ seksual hingga mempengaruhi sistem kerja reproduksi dengan keseluruhan. hormon estrogen dengan sengaja diproduksi secara alami di dalam tubuh. saat kadar hormon estrogen di tubuh terlalu tinggi, Anda akan merasakan gejala seperti payudara terasa nyeri dan padat, perut terasa kembung serta penambahan berat badan, kaki dan tangan menjadi dingin dan tidur terganggu, mood juga sering berubah-ubah.

Kemunculan dari efek samping hormon estrogen yang berlebihan memang sulit diprediksi. Wanita yang memiliki kondisi kelebihan hormon estrogen menjadi emosional apalagi ketika masa subur. Bahkan berdasarkan pada penelitian, hormon estrogen yang berlebihan akan meningkatkan resiko kanker payudara. Selama ini hormon estrogen dikenal hormon yang dimiliki wanita, padahal pria juga memiliki hormon estrogen di dalam tubuh walaupun tidak sebanyak wanita.

Meskipun pria tidak mempunyai hormon estrogen yang dominan, tetapi pria tetap memiliki potensi memiliki gangguan kesehatan bila hormon estrogen yang dimilikinya berlebihan. Gangguan kesehatan ini seperti:

  • Kemandulan. hormon estrogen memiliki pengaruh pada produksi sperma, kadar hormon estrogen yang terlalu tinggi menyebabkan penurunan sperma di air mani sehingga menyebabkan kemandulan,
  • Difusi ereksi. Kesehatan seksual bisa dipengaruhi hormon estrogen. Bila kadar hormon estrogen tinggi, pria bisa mengalami kesulitan ereksi atau pun untuk mempertahankannya,
  • Pembesaran dada. Kelebihan hormon estrogen dapat memicu tumbuhnya jaringan yang berada di dada. Akibatnya, pria yang memiliki hormon estrogen berlebihan akan mengalami pembesaran dada. Agar bisa membantu hormon estrogen menjadi normal, Anda bisa mengkonsumsi sayuran contohnya seperti kembang kol, brokoli dan sayuran lainnya.

Leave a Reply