Mengulas Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi

Bayi memang memiliki kulit yang sangat sensitif dan tidak tahan dengan adanya zat kimia, itulah kamar khusus untuk bayi steril sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan untuk bayi. Kini banyak bayi yang langsung menggunakan popok instan, ada banyak sekali merk pampers namun tetap saja akan muncul ruam di bagian area lipatan. Tentu saja ini membuat tidak nyaman dan membuat menangis, bahkan saat digantikan dengan pampers baru, bisa jadi bayi tidak tahan dengan menggunakan popok instan tersebut.

Ibu yang baru memilih buah hati tentu bingung jika menghadapi tangisan bayi, apalagi setelah melewati fase melahirkan yang terbilang tidak mudah sekarang. Banyak ibu muda yang mengalami syndrome baby blues, sehingga tidak mau memegang bayinya sendiri. Jika muncul ruam pada bayi, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ruam dan rasa gatal:

  • Mandikan secara teratur dengan air suhu kamar. Munculnya ruam biasanya pada bagian bokong, memandikan bayi memang tidak setiap harinya. Namun jika mulai banyak muncul ruam di bagian lainnya bisa dimandikan setiap harinya. Perhatikan air yang digunakan memandikan bayi, sebaiknya bersuhu normal atau kamar, sehingga tidak terjadi kerak pada kulit kepala.
  • Gunakan popok kain dan ganti sesering mungkin. Munculnya ruam karena tidak cocok dengan pampers instan, coba gunakan popok kain. Memang harus dicuci, cukup gunakan saja sabun cair sehingga dan cuci langsung di wastafel karena bayi baru lahir tidak akan mengeluarkan banyak kotoran.
  • Hindari penggunaan bedak bayi secara berlebihan. Ibu tentu sudah mempersiapkan perlengkapan bayi secara lengkap, hingga bedak bayi yang punya aroma khas. Namun hal ini tidak boleh digunakan pada seluruh bagian tubuh, banyak ahli yang mengatakan jika penggunaan bedak kurang bagus untuk bayi baru lahir. Sebaiknya perhatikan setiap kandungan bedak bayi, karena ada kandungan yang mengganggu pernapasan, seperti cornstarch dan talc.
  • Petroleum jelly. Ini adalah krim yang berfungsi untuk melembabkan kulit, bias digunakan pada bibir, tangan dan kaki yang mengalami kering hingga pecah-pecah. Hilangkan ruam pada bayi dengan mengoleskan petroleum setelah mandi dan jangan tambahkan dengan bedak bayi.

Leave a Reply