Begini Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Mata – Banyak orang yang terkadang lupa untuk merawat kesehatan matanya sendiri. Meskipun mereka cukup menyadari bahwa mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja, jika seandainya mata kita mengalami gangguan hingga akhirnya membuat kita tidak bisa melihat, apa yang akan ada dalam benak kita masing-masing? Selain itu pula, bertambahnya usia sangat memengaruhi kesehatan mata kita. Untuk itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini tips untuk Anda dalam menjaga kesehatan mata dengan baik!

Cara menjaga kesehatan mata dengan tepat

  1. Sebaiknya jangan merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan kerusakan pada organ vital dalam tubuh saja, tetapi ternyata juga turut andil dalam merusak kesehatan mata. Mengapa? Sebab merokok artinya Anda sedang memasukkan racun ke dalam tubuh sendiri dan kandungan yang terdapat di dalam rokok itu akan menyebabkan Anda mengalami degenerasi, rusaknya saraf penglihatan dan juga mengalami katarak. Jika Anda lebih menyayangi mata Anda, maka sebaiknya jangan merokok. Tetapi jika sudah terlanjur, maka berusahalah untuk segera berhenti, karena itu semua Anda lakukan untuk kesehatan mata sendiri.

  1. Rutin periksa ke dokter mata

Memeriksakan mata secara rutin ke dokter mata merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata terutama jika Anda sudah memasuki usia lanjut atau 40an tahun ke atas. Apalagi jika Anda mengalami gejala seperti penglihatan terasa lebih buram dan juga mulai kabur, tidak bisa membedakan warna dan juga merasakan gatal yang berlebihan sehingga mata mengalami pembengkakan, merah dan iritasi. Maka jangan ragu-ragu untuk segera periksa ke dokter.

  1. Usahakan menjaga berat badan dengan baik

Menjaga berat badan merupakan salah satu upaya untuk mencegah Anda menderita penyakit diabetes. Seperti yang kita tahu, penyakit diabetes itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata, karena bisa menyebabkan terjadinya kebutaan dan juga gangguan mata. Maka dari itu, sebaiknya Anda memerhatikan kondisi berat badan Anda sebagai upaya dalam menjaga kesehatan mata sendiri.

Leave a Reply