Resep Mudah Membuat Kue Kukus Lapis Legit Yang Enak Dan Lezat

Kue ataupun roti termasuk dalam makanan cemilan yang pastinya tak akan bisa dipisahkan dari masyarakat, sebagai sajian ketika senggang maupun pengganjal lapar. Ada banyak sekali kreasi nikmat dari kue kukus yang bisa dibuat sendiri di rumah tanpa perlu membelinya. Pastinya Anda sendiri juga sudah pernah merasakan beberapa diantaranya, salah satunya adalah lapis legit. Menu yang satu ini umumnya dijual di pasaran dengan harga tergolong mahal. Tidak mengherankan mengingat dari segi rasanya sendiri tergolong sangat nikmat.

Sumber Terkait : Inilah Bahan Kreasi Resep Kue Kukus

Namun jangan salah, seenak apapun kue atau roti tersebut sebenarnya jika membuat sendiri tak memakan biaya terlalu mahal, jika Anda tau apa saja resepnya. Termasuk diantaranya adalah lapis legit, salah satu menu khas dari beberapa daerah yang ada di Indonesia, umumnya dijadikan sebagai oleh-oleh daerah. Khusus untuk Anda yang memang ingin belajar sendiri bagaimana cara membuatnya, bahkan dengan beberapa kreasi nikmat maka bukan hal yang sulit.  Berikut ini resep membuat roti kukus lapis legit yang nikmat.

Bahan-Bahan :

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 3 sdm susu kental manis
  • 10 butir telur ayam, semakin banyak akan membuat roti menjadi semakin empuk
  • 2 sdm emulfiser
  • 60 gram susu bubuk
  • 300 gram Blueband Cake and Cookies
  • 300 gram gula pasir
  • 1 sdt essens vanila
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdm bumbu spekuk
  • 1 sdm cokelat bubuk

Cara Membuat :

  1. Dalam satu wadah mulailah untuk mengocok Blueband Cake and Cookies hingga mengembang, kemudian tambahkan dengan susu kental manis.
  2. Siapkan wadah yang berbeda kemudian masukkan telur dan juga gula ditambah emulfiser, aduk hingga agak mengembang.
  3. Setelah adonan mengembang mulailah memasukkan beberapa bahan tambahan, diantaranya adalah essens dan juga baking powder, kemudian aduk-aduk hingga rata. Setelah bahan tersebut dicampurkan maka bisa mulai mengayak tepung terigu sambil diaduk-aduk kedalam adonan tersebut hingga tercampur sempurna
  4. Dari adonan pertama tersebut nantinya bisa ditambahkan dengan adonan telur ini, namun khusus pada proses pencampuran hendaknya dilakukan sedikit demi sedikit. Aduk merata hingga semua bagian tercampur rata, jika tidak rata, maka hasil kue juga tidak akan sempurna.
  5. Mulai siapkan wadah untuk mengukus kue, mulailah dengan menyiapkan kompor dengan bagian kukusan di atasnya.
  6. Sedangkan adonan bisa mulai dicetak dalam sebuah loyang yang memiliki ukuran sekitar 20x20x10. Nantinya bagian pinggir loyang tersebut bisa dilapisi dengan menggunakan kertas roti agar tidak lengkap ataupun hangus ketika dimasak.
  7. Mulailah untuk menuangkan adonan setidaknya dengan ukuran 100 gram kemudian diratakan. Taburi dengan bumbu spekuk dan juga cokelat bubuk sedikit saja.
  8. Mulailah untuk mengukus, setelah adonan setengah matang, isi lagi bagian atasnya dengan menggunakan adonan lain, kemudian taburi dengan bubuk spekuk dan juga cokelat bubuk, lakukan hal ini sampai semua adonan habis kemudian tunggu hingga matang.
  9. Kue yang sudah matang selanjutnya bisa diangkat, tunggu sampai agak dingin kemudian keluarkan dari cetakan tersebut, ambil tisu roti yang melapisinya, taruh di dalam lemari es.
  10. Setelah memastikan semua bagian dingin maka bisa mulai untuk diiris menjadi beberapa bagian.

Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan suhunya sebelum memotong, karena saat suhu masih panas hasil potongan kue kukus lapis legit tersebut tidak akan sempurna.

Leave a Reply