Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Menghindari Kebiasaan ini

Cara Mengatasi Bibir Kering – Sebagian dari kita sangat memperhatikan kesehatan kulit wajah dengan melakukan perawatan yang maksimal. Lalu, apakah kita juga memperhatikan kesehatan bibir seperti halnya kulit wajah yang lain? Memang kadang kita terlalu fokus pada bagian yang lain dan hanya sekedarnya saja merawat bibir. Hasilnya bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan bahkan hingga berdarah. Oleh karena itu, bibir juga perlu mendapatkan perawatan ekstra dari sekedar memakai lip remover. Yuk, hindari beberapa kebiasaan ini sebagai cara mengatasi bibir kering.

  • Mengelupas bibir – sama halnya dengan kebiasaan memencet jerawat, mengelupas bibir yang kering apalagi hingga berdarah bisa menyebabkan infeksi loh. Memang kita tanpa sadar mengelupas kulit bibir yang kering karena risih tapi itu bukan solusi yang tepat. Kamu bisa membasahi bibir dengan air hangat lalu menyikatnya dengan perlahan menggunakan sikat gigi berbulu lembut.
  • Menjilat bibir – mungkin kita berfikir bila menjilat bibir akan membuatnya lembab dan basah. Namun, tahukah kamu kalau menjilat bibir malah akan membuatnya semakin kering. Hal ini karena air liur mempunyai sifat cepat menguap yang menjadikan bibir malah lebih kering. Bila bibir kamu kering, cobalah untuk minum air putih yang lebih banyak karena mungkin itu adalah gejala dehidrasi.
  • Bernafas melalui bibir – mungkin tanpa sadar kita sering bernafas melalui mulut seperti saat berolahraga ataupun tidur. Udara yang masuk dan keluar melalui bibir tentu saja membuat bibir menjadi kering.
  • Tidak memakai pelembab atau lip balm – pelembab bibir adalah salah satu produk untuk merawat bibir kering. Tidak hanya dipakai sebelum lipstick, pelembab bibir Vaseline juga bisa digunakan sebelum tidur, setelah memakai lip remover, bahkan untuk masker bibir.
  • Bijak memilih lipstick – tidak semua lipstick bersahabat dengan bibir kita. Ada beberapa jenis lipstick yang rentan membuat bibir menjadi kering seperti lipstick matte karena kandungan pelembabnya sedikit. Meskipun trend lipstick matter sedang naik daun, tapi sebaiknya kamu bijak memilih lipstick yang baik untuk bibir dan tidak membuatnya kering.

Leave a Reply