Kenali Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan

Dampak Polusi Udara – Polusi udara saat ini yang sering kita ketahui telah menyebabkan banyak orang mengidap penyakit yang cukup parah seperti penyakit paru-paru dan jantung yang dapat menyebabkan kematian di seluruh belahan bumi. Namun di sisi lain ada dampak polusi udara yang tidak begitu kita sadari, yaitu kerusakan pada kulit.

Berbagai hasil dari penelitian menunjukkan bahwa polusi udara adalah penyebab timbulnya keriput dan gejala-gejala penuaan diri pada kulit yang dialami penduduk yang tinggal di kota-kota besar. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya keterkaitan polusi udara dengan semakin buruknya permasalahan-permasalahan kulit seperti peradangan kulit dan iritasi.

Banyak hasil penelitian yang mengambil kesimpulan bahwa dampak polusi udara adalah salah satu penyebab timbulnya kulit keriput dan gejala-gejala penuaan pada kulit yang diderita oleh penduduk yang tinggal di kota-kota besar dengan poluis yang cukup parah. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya keterkaitan polusi udara yang semakin parah dengan memburuknya kesehatan kulit di kalangan masyarakat, mulai dari iritasi hingga peradangan.

Polusi udara jalanan adalah senyawa-senyawa yang paling beracun untuk kesehatan kulit. Inilah yang menyebabkan kulit orang-orang yang tinggal atau beraktivitas di daerah yang banyak polusi mengalami masalah yang cukup serius pada kulit mereka.

Dr. Jean Krutmann mengatakan bahwa dalam 20-30 tahun terakhir, kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari merupakan topik utama dalam masalah perlindungan terhadap kulit.

Polusi udara di kota-kota besar didominasi oleh asap kendaraan bermotor. Udara yang bercampur dengan asap tersebut terhirup dan terkena kulit setiap harinya terkontaminasi oleh senyawa NO2 dan PAH yang dapat menyebabkan meningkatnya gejala penuaan dini pada kulit.

Selain itu, faktor lain seperti paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, kurangnya nutrisi, dan kebiasaan merokok juga berefek pada gejalan penuaan dini. Gejala-gelaja penuaan dini pun lebih banyak dijumpai pada kulit orang-orang yang usianya relatif masih muda, seperti paruh baya.

Sementara itu, para dokter banyak mengingatkan bahwa banyak yang masih keliru dalam perawatan kulit yang baik dan benar. Contohnya penggunaan sabun cuci muka yang mengandung scrub justru dapat memperparah kerusakan yang telah terjadi akibat polusi udara. Mengapa begitu? Karena scrub akan menghilangkan pertahanan alami dari kulit untuk mencegah polusi merusak kulit.

Disarankan Anda menggunakan produk-produk yang dapat memperbaiki lapisan pelindung pada kulit. Seperti Vaseline Petroleum Jelly, yang akan menjaga kelembapan kulit serta mencegah kulit kering kaibat angin dan dampak polusi udara. Juga gunakan lotion kulit yang mengandung SPF dan PA saat kelur ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari. Juga anda harus rutin untuk memebersihkan make up saat hendak tidur karena akan menutup pori-pori kulit yang akan menghambat proses regenerasi kulit pada malam hari.

Leave a Reply