Apa Saja Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat?

Biasanya di usia kehamilan 37 bulan, Bunda harus segera bersiap dan tinggal menghitung hari untuk menanti persalinan si buah hati. Secara umum, sebelum mengalami kelahiran bayi adapun tanda tanda persalinan sudah dekat yang akan seorang ibu rasakan.

Sebagian besar ibu hamil sudah tidak sabar untuk menanti adanya proses persalinannya. Hal ini karena adanya perasaan yang sangat antusias ingin melihat buah hatinya.

Namun untuk menuju adanya proses persalinan, seorang ibu hamil pasti akan mengalami pertambahan berat badan mencapai 10 kilogram bahkan bisa lebih.

Biasanya saran dari dokter adalah untuk sering-sering berjalan agar badan lebih ringan dan akan lancar diproses persalinan nanti.

Apa Saja Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat

Setelah kurang lebih tiga puluh tujuh minggu lamanya kehamilan, hal yang paling ditunggu-tunggu selanjutnya adalah proses melahirkan. Melahirkan adalah sebuah proses panjang dan juga melelahkan.

Sebelum mengalami proses tersebut, tanda tanda persalinan sudah dekat pun akan Anda rasakan. Memang tidak pada semua wanita akan mengalami tanda tanda yang sama sebelum persalinan.

Namun, tidak berarti calon ibu mengabaikannya, karena mempersiapkan diri serta bersiaga untuk menghadapi proses persalinan itu sangat diperlukan.

Nah, dari persiapan diri yang benar, Anda dapat memperhatikan tanda tanda yang nantinya akan dirasakan sebelum melahirkan, baik tanda yang terjadi pada emosional maupun pada fisik Anda.

Untuk ibu hamil yang sedang menunggu kelahiran si kecil, yuk cari tahu apa saja tanda tanda persalinan sudah dekat. Beberapa tanda tandanya adalah sebagai berikut:

  • Ibu merasakan nyeri di punggungnya dan juga sakit perut seperti kram mirip ketika masa pramenstruasi.
  • Akan sulit tidur.
  • Sering buang air kecil, ini terjadi karena posisi bayi yang akan lebih turun ke bagian tulang panggul. Maka hal ini akan membuat rahim menjadi bersandar ke kendung kemih dengan sering yang menyebabkan peningkatan buang air kecil.
  • Akan keluar lendir yang kental dan bercampur darah dari vagina. Lendir yang dikeluarkan bisa berwarna merah muda atau sedikit berdarah dan juga bisa berwarna bening.
  • Adanya kontraksi palsu seperti pengencangan pada perut yang terkadang datang dan pergi. Biasanya untuk kontraksi berlangsung selama 30-120 detik. Sedangkan untuk kontraksi yang sungguhan yaitu terasa sakit di bagian bawah punggung lalu berpindah ke perut.
  • Perubahan pada serviks yang membesar, biasanya pada wanita yang baru pertama kali hamil biasanya hanya membesar satu sentimeter belum menjadi jaminan akan melahirkan. Sedangkan wanita yang sudah pernah melahirkan akan mudah membesar.
  • Air ketuban pecah adalah tanda umum untuk wanita  yang akan melahirkan. Biasanya persalinan akan terjadi 24 jam setelah air ketuban pecah.

Nah, itulah beberapa tanda tanda persalinan sudah dekat guna menjawab pertanyaan mengenai proses induksi berapa lama, yang akan dialami oleh ibu hamil. Untuk kejelasan yang lebih detail lagi, ibu bisa berkonsultasi ke SGM. SGM akan membantu calon Ibu untuk mengetahui bagaimana tips-tips selama kehamilan, tanda-tanda sebelum persalinan, dan lainnya.

Leave a Reply