Tips Sehat Bagi Penderita Asam Urat Tinggi

Tips Sehat Bagi Penderita Asam Urat Tinggi

 

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita orang lanjut usia meskipun saat ini orang yang muda juga banyak yang mempunyai penyakit ini. Asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri tak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di daerah persendian. Biasanya nyeri dirasakan di pergelangan tangan, sendi jari tangan, bagian dengkul dan siku. Berikut ini adalah makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat dan cara pencegahan dini supaya tidak terkena asam urat tinggi.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat

Orang yang memiliki asam urat yang tinggi harus dapat mengendalikan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Penderita asam urat sebaiknya tidak makan makanan yang mengandung purin yang tinggi. Berikut adalah makanan yang harus dihindari penderita asam urat tinggi:

  • Jeroan

Jeroan memiliki kolestrol yang sangat tinggi sehingga sangat berbahaya bagi penderita asam urat. Jeroan yang diolah dengan bumbu-bumbu masakan akan menghasilkan makanan yang enak. Namun untuk penderita asam urat dianjurkan tidak memakannya walaupun dalam jumlah sedikit.

  • Makanan ringan

Makanan ringan biasanya mengandung garam dengan tingkat yang sangat tinggi sehingga tidak baik untuk penderita asam urat. Garam berlebih bisa menyebabkan aliran darah tidak sehat, tekanan darah tinggi dan aktivitas tubuh terhambat sehingga akan memicu asam urat dengan cepat.

  • Seafood

Seafood mengandung banyak protein dan mineral. Untuk orang yang sehat seafood akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun untuk penderita asam urat sebaiknya tidak mengonsumsinya. Karena selain memiliki protein dan mineral yang tinggi, seafood juga memiliki kadar purin yang tinggi sehingga tidak dianjurkan dimakan oleh orang yang menderita asam urat tinggi.

  • Daging merah

Daging merupakan salah satu makanan yang kebanyakan disukai orang-orang karena rasanya yang enak. Namun daging merah mengandung purin yang tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi penderita asam urat tinggi.

Pencegahan Dini Agar Terhindar dari Asam Urat Tinggi

Untuk terhindar dari asam urat sebaiknya kita tidak terlalu banyak memakan makanan yang mengandung purin yang tinggi, dan sering memakan makanan yang menghindari asam urat seperti jahe, jus buah cherry, jus lemon, cengkeh, ubi jalar dan lain-lain.

Leave a Reply