Inilah Beberapa Jenis Penyakit Kulit Pada Bayi yang Sering Terjadi di Musim Panas

penyakit kulit pada bayiKulit merupakan organ yang paling luas dan terluar dari tubuh manusia. Karenanya kesehatan kulit sangat penting untuk memastikan tak ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh atau menginfeksi jaringan di bawahnya. Penyakit pada kulit dapat mempengaruhi fungsi kulit sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya iritasi hingga infeksi pada tubuh secara keseluruhan. Meski begitu, di musim panas, penyakit pada kulit ini sering menyerang terutama penyakit kulit pada bayi yang masih memiliki kulit yang rentan.

Seperti yang terlihat, kulit bayi masih sangat sensitif dan mudah terluka karena memiliki jaringan yang tipis. Selain itu sistem kekebalan tubuh bayi juga masih lemah sehingga bakteri kecil saja bisa menimbulkan masalah yang serius untuk kesehatannya. Di musim panas, kulit bayi yang sensitif menjadi lebih beresiko untuk terkena penyakit. Ada beberapa jenis penyakit kulit yang umum diderita bayi di musim panas yang perlu Anda waspadai sebagai orang tua. Berikut ini adalah beberapa jenisnya berikut cara pengobatan yang perlu dilakukan:

1. Biang keringat.
Biang keringat merupakan gangguan kulit yang ditandai dengan timbulnya bintik-bintik kecil pada kulit. Bagian yang sering terkena biang keringat adalah kulit pada lipatan seperti betis, leher lengan dan perut apalagi untuk bayi yang memiliki tubuh gemuk. Biang keringat ini disebabkan karena pori tubuh yang tertutup akibat bengkaknya kelenjar keringat. Pemicunya adalah udara yang lembab dan bersuhu tinggi atau panas. Cara menanggulangi biang keringat adalah dengan memberi bedak dingin di kulit bayi, menggunakan pakaian yang memungkinkan sirkulasi udara, hingga mengatur udara di ruangan tempat bayi banyakmenghabiskan waktunya.
2. Eksim.
Eksim merupakan salah satu penyakit kulit pada bayi dengan gejala kulit menjadi merah dan gatal. Eksim juga bisa terjadi pada dewasa dan bisa menjadi penyakit kambuhan seiring dengan kondisi kekebalan tubuh penderitanya. Jika bayi Anda memiliki eksim, maka yang perlu dilakukan adalah memastikan kulit bayi Anda cukup lembab dengan mengoleskan pelembab khusus bayi. Beri sarung tangan pada bayi agar tidak menggaruk eksim karena dapat menyebabkan infeksi.
3. Campak.
Campak merupakan jenis penyakit kulit yang berhubungan dengan demam serta kondisi
lingkungan yang terkontaminasi. Disebabkan oleh virus yang bisa menyebar dengan cepat. Saat ini sudah ditemukan vaksin campak sehingga pengobatan penyakit ini sudah bisa dilakukan dengan jauh lebih baik dibandingkan di masa lalu dimana campak dapat
mengakibatkan kematian.
4. Ruam popok.
Penyakit kulit bayi lainnya yang lebih sering terjadi di musim panas adalah ruam popok.
Ruam popok adalah sebutan untuk penyakit kulit yang terjadi pada area bawah dan
belakang bayi akibat penggunaan popok yang salah. Popok basah yang terus dipakai akan mengakibatkan kulit bayi teriritasi sehingga menjadi merah dan gatal. Untuk
menanggulanginya, pastikan popok bayi Anda bersih dari kuman dengan mencucinya
menggunakan Rinso anti bakteri. Selain itu ganti popok sekali pakai jika bayi sudah buang air besar atau kecil.

Untuk mengatasi penyakit kulit pada bayi, pastikan bayi Anda menggunakan pakaian yang nyaman, sejuk serta bersih dari noda maupun bakteri. Bersihkan pakaian bayi memakai deterjen Rinso yang higienis dan mampu mengangkat noda membandel yang bisa menjadi sarang kuman. Beri makanan dan minuman bernutrisi tinggi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga tidak gampang terserang penyakit seperti penyakit kulit.

Leave a Reply