Ulasan Seputar Penyebab, Gejala, dan Mengobati Dermatitis Pada Bayi

dermatitis bayiBayi memang mempunyai daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga berpengaruh pada mudahnya bayi untuk sakit. Salah satu penyakit yang sering dialami bayi ini adalah penyakit kulit karena bayi juga mempunyai kulit sensitif. Sehingga membutuhkan produk khusus dan juga perlu memilih pakaian yang dari bahan nyaman untuk digunakan agar tidak membuat ruam, gatal, hingga iritasi pada kulit bayi. Salah satu penyakit kulit yang sering menimpa bayi adalah dermatitis yang merupakan penyakit kulit yang sering menimpa bayi usia balita. Dermatitis pada bayi ini juga sering disebut dengan eksim dan muncul pada bagian wajah, leher, kaki, selangkangan, hingga kadang seluruh tubuh.

Penyakit dermatitis ini sendiri termasuk pada jenis penyakit kambuhan sehingga walaupun sudah sembuh akan tetapi mempunyai pola hidup yang tidak sehat dan lingkungan kurang bersih dapat untuk terkena penyakit ini lagi. Oleh karena itulah orangtua perlu untuk mengetahui beberapa macam penyebab, gejala, dan juga cara untuk mengobati dan mencegah agar bayi tidak terkena dan kambuh penyakit dermatitis ini.

Misalnya hal yang perlu diketahui adalah dengan mengetahui penyebab dermatitis pada bayi ini. Walaupun penyebab utamanya masih belum diketahui, tetapi ada beberapa faktor yang bisa untuk menyebabkan mengapa bayi lebih mudah atau rentan terkena dermatitis ini. Seperti beberapa faktor pemicunya adalah sebagai berikut ini:

  • Faktor utama yang menyebabkan bayi terkena dermatitis adalah dari keturunan. Apabila adasejarah keturunan alergi di dalam keluarga maka bayi akan lebih berkemungkinan untuk terserang penyakit kulit yang satu ini.
  • Selain itu juga bayi yang mempunyai alergi tertentu akan lebih mudah untuk terkena
    dermatitis.
  • Faktor selanjutnya adalah karena kondisi kulit bayi yang terlalu kering sehingga bisa menjadi pemicu iritasi dan alergi karena kekurangan zat tertentu.
  • Faktor selanjutnya adalah karena kondisi bayi yang tidak dalam keadaan sehat saat imunnya sedang turun.

Selain penyebab dan faktornya yang dapat memicu munculnya dermatitis, juga ada beberapa gejala yang harus diperhatikan. Sehingga apabila faktor sudah mendukung dan ada gejala seperti di bawah ini maka Anda harus melakukan penanganan yang tepat agar dermatitis bayi tidak menjadi lebih parah dan bisa sembuh lebih cepat. Beberapa gejala yang menunjukkan bayi mengalami atau sedang menderita penyakit kulit dermatitis ini adalah sebagai berikut ini:

  • Gejala pertama adalah ketika bayi rewel yaitu menangis tidak berhenti. Biasanya ada banyak penyebab bayi menangis seperti lapar, ingin ganti popok yang sudah penuh, dan juga bisa karena merasa kegatalan terutama di malam hari.
  • Selain bayi yang merasa rewel juga saat adanya benjolan kecil yang mudah dipecahkan dan ketika dipecahkan berisi cairan.
  • Gejala selanjutnya adalah ketika muncul bercak warna merah dan juga kulit bayi yang
    mudah bengkak ketika tergores.
  • Dan gejala terakhir adalah ketika bayi mengalami demam sehingga membuatnya tidak
    nyaman.

Sehingga sudah muncul bercak, gatal, dan disertai demam, maka segera periksakan ke dokter agar dermatitis pada bayi cepat sembuh. Apabila sudah sembuh maka orangtua juga perlu untuk melakukan pencegahan agar dermatitis yang dialami tidak mudah kambuh yaitu dengan menggunakan cara berikut:

  • Pertama adalah dengan tidak memandikan bayi terlalu lama setidaknya mandikan bayi
    selama 10 menit saja.
  • Selain itu jaga kulit bayi agar tetap lembab dengan mengoleskan baby lotion.
  • Mencuci baju dengan bersih menggunakan Rinso yang menghilangkan noda dengan
    sempurna.
  • Mengganti popok dengan rutin.
  • Memilih pakaian dari bahan yang nyaman.

Leave a Reply