Gejala Luka Bakar

Banyak sekali fungsi dan kegunaan dari kulit yang ada pada tubuh kita. Bukan hanya sebagai penghalang antara tubuh dengan lingkungan, kulit pun berfungsi mengatur suhu udara tubuh. Lapisan kulit sendiri terdiri dari tiga lapisan, yakni:

  • Epidermis
    Lapisan kulit ini adalah bagian terluar dari kulit yang bisa kita lihat. Memiliki ketebalan sekitar 0,5 sampai 1,5 mm, inilah lapisan yang paling tipis serta bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari apapun.
  • Dermis
    Lanjut, lapisan ini berada dibawah epidermis dan memiliki ketebalan antara 0,3 sampai 3 mm. Dermis inilah yang mempertahankan strukturd kulit dan memberi elastisitas. Di dalam lapisan inilah terdapat saraf, pembuluh darah, kelenjar keringat, dan pori pori rambut.
  • Subkutis
    Lapisan terakhir dan yang ada didalam tubuh adalah subkutis. Memiliki peran dalam mengatur suhu tubuh. Ketebalannya pun berbeda beda pada setiap manusia. Kulit ini memiliki lemak dan sel yang memproduksi kolagen dan tempat bersarangnya pembuluh darah dalam skala besar.

Gejala luka bakar yang umum terjadi, seperti kulit yang memerah, mengelupas, melepuh, membengkak, bahkan hangus sekalipun. Dan berikut inilah pengelompokan luka bakar sesuai dengan tingkat keparahannya:

  • Luka bakar stadium satu
    Luka bakar ini biasanya hanya merusak lapisan luar kulit atau epidermis. Seperti kulit yang memerah dan sedikit membengkak, luka terasa sakit tapi tidak melepuh. Luka ini pun cenderung bisa ditangani dengan pertolongan pertama dan akan sembuh dalam beberapa hari.
  • Luka bakar stadium dua
    Luka bakar ini merusak bagian epidermis dan dermis kulit. Kulit yang mengalami luka bakar tingkat dua akan terlihat berwarna merah dan masuk pada kondisi berair dan melepuh. Dalam tingkatan ini pula akan terasa sangat sakit dan saat sembuh, akan memberikan bekas luka di kulit.
  • Luka bakar stadium tiga
    Di tingkat ini, lapisan hipodermis pun ikut rusak. Dikatakan tingkat tiga karena luka bakar ini berwarna putih pucat atau hitam gosong akibat terbakar dan tentunya melepuh. Kulit di sekitarnya menjadi kering dan berwarna putih, cokelat, dan hitam. Luka ini bisa menyebabkan mati rasa akibat sarah kulit hancur.
  • Luka bakar stadium empat
    Ini merupakan jenis luka bakar terparah. Luka bakarnya memperngaruhi seluruh lapisan kulit hingga otot, bahkan sampai menuju tulang. Karena kulit dan daging sudah terpanggang habis. Jika saraf sudah rusak, penderitanya tidak akan merasakan sakit, namun kemungkinannya mati
    (jika terbakar seluruh tubuh).

Untuk pertolongan bagi penderita luka bakar tingkat satu, bisa dilakukan sendiri tanpa memerlukan pengobatan medis. Meski demikian, jika luka bertambah parah dan mengeluarkna banyak cairan, baiknya penderita segera periksakan ke rumah sakit agar mendapat pertolongan dengan tepat dan cepat.

Leave a Reply